5 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 26 November 2021 | 09:47 WIB
5 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

ILUSTRASI. 5 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

MOMSMONEY.ID - Tidur malam yang cukup membuat Anda lebih produktif di keesokan harinya. Namun, ada saja hal-hal yang menyebabkan Anda sulit terlelap di malam hari.

Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2018 menyebutkan bahwa 1 dari 5 orang mengeluhkan susah tidur alias insomnia. Padahal, tidur malam yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Insomnia dapat disebabkan berbagai hal, mulai dari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur hingga masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas.

Baca Juga: Tidak Perlu Diragukan Lagi! Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Tubuh

Bila Anda sering mengalami insomnia, ada beberapa cara mengatasinya yang bisa dicoba seperti dilansir Sleep Education berikut ini.

1. Berolahraga

Cara mengatasi insomnia dengan mudah juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga.

Studi pada 2015 yang diterbitkan di jurnal Randomized Controlled Trial, menemukan bahwa berolahraga setidaknya 150 menit per minggu selama enam bulan dapat mengurangi gejala insomnia, juga depresi dan kecemasan.

2. Luangkan waktu untuk relaksasi

Anda bisa mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates. Aktivitas tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga Anda pun akan mudah terlelap. 

Studi pada 2014 yang dipublikasikan di jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine, menemukan bahwa yoga memiliki efek positif pada kualitas tidur.

3. Atur suasana kamar yang nyaman

Insomnia dapat terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Anda juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

Kalau insomnia terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. 

Baca Juga: Penderita Hernia Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Rutin

4. Hindari merokok sebelum tidur

Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuat Anda sulit tidur. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar Anda tidak terjaga sepanjang malam.

5. Terapkan gaya hidup sehat

Selain pola tidur yang baik, penerapan pola hidup sehat juga penting untuk dilakukan. Pola hidup ini dapat dilakukan dengan mengatur pola makan, mengurangi stres, dan berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya. 

Beberapa pilihan olahraga yang bisa anda coba adalah dengan berenang, yoga, dan jogging. Hal ini dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba. Kalau insomnia sudah mulai mengganggu aktivitas dan tidak kunjung membaik, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat. 

Selanjutnya: IHSG melemah 0,49% ke 6.666,3 di pagi ini, asing masih net buy Rp 17,98 miliar

Editor: Helvana Yulian
Terbaru