HOME, Bugar

5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

MOMSMONEY.ID - Berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang di bulan Ramadan.

Suguhan makanan yang nikmat ditambah minuman manis tentu sangat menggoda. Meski begitu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah agar tubuh tetap sehat.

Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk membatalkan puasa dengan mengonsumsi buah. Sebab, buah mengandung gula alami yang dapat diolah tubuh menjadi energi.

Konsumsi buah untuk berbuka puasa juga dapat meningkatkan tubuh secara keseluruhan. Di antara banyaknya jenis buah-buahan, ada beberapa buah yang terbaik untuk buka puasa.

Baca Juga: Anda Harus Tahu! Ini Dia Jenis Karbohidrat Terbaik untuk Sahur dan Buka Puasa

Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, inilah beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa, antara lain: 

1. Alpukat

Buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa pertama adalah alpukat. Buah ini juga memiliki banyak manfaat, terlebih jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

Konsumsi buah ini dapat mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, buah ini juga mengenyangkan yang membuat Anda tidak berlebihan saat berbuka puasa.

2. Kurma

Buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa kedua adalah kurma. Buah ini termasuk salah satu yang wajib ada setiap berbuka puasa.

Kurma merupakan sumber gula sederhana yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, buah ini merupakan sumber serat makanan dan antioksidan yang baik.

Kurma juga kaya akan zat besi yang mampu membantu tubuh menjaga kadar hemoglobin.

3. Apel

Buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa ketiga adalah apel. Salah satu buah untuk berbuka puasa yang menyehatkan adalah apel.

Buah ini berguna untuk membantu sistem pencernaan dengan cara menyiapkan sistem pencernaan siap untuk menerima makanan yang lebih kompleks.

Hal ini disebabkan kandungan serat yang tinggi pada apel, sehingga sistem pencernaan lebih sehat.

Baca Juga: Bisa Anda Coba! Begini Cara Detoks Tubuh Saat Berpuasa

4. Semangka

Buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa keempat adalah semangka. Semangka juga termasuk salah satu buah untuk berbuka puasa yang direkomendasikan.

Buah ini kaya kandungan air, sehingga dapat mencegah dehidrasi yang bisa terjadi setelah seharian berpuasa.

Buah ini mudah dicerna, sehingga sangat mudah untuk memenuhi energi dan cairan tubuh. Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung banyak zat antioksidan, vitamin, dan mineral.

5. Pepaya

Buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa kelima adalah pepaya. Anda bisa mendapatkan manfaat ganda dalam menghilangkan racun di dalam tubuh.

Konsumsi buah pepaya dapat membersihkan pencernaan agar lebih lancar. Agar lebih nikmat, sajikan bersama dengan buah lainnya menjadi es buah.

Itulah beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Pastikan untuk menyajikan salah satu dari buah yang sudah disebutkan.

Dengan begitu, manfaat puasa benar-benar dirasakan ditambah mendapatkan nutrisi sehat dari konsumsi buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News