Bugar

5 Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Puasa, Segar dan Berenergi

5 Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Puasa, Segar dan Berenergi

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak beberapa buah yang bagus dikonsumsi saat puasa di sini. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan tersebut mengandung banyak air dan nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk kesehatan kulit. Anda harus makan buah saat berbuka puasa dan sahur.

Melansir dari jovee.id, berikut lima buah yang bagus dikonsumsi saat puasa, yaitu: 

1. Kurma

Buah pertama yang bagus dikonsumsi saat puasa adalah kurma. Buah yang selalu menjadi ciri khas bulan Ramadhan.

Sebab, kurma mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Contohnya, kalium yang memiliki manfaat untuk mengurangi kelelahan setelah beraktivitas

Selain itu, kurma juga mengandung kalori dan gula alami sehingga dapat mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Merawat Nail Gel Supaya Tahan Lama

2. Apel

Buah yang bagus dikonsumsi saat puasa selanjutnya adalah apel. Satu buah apel tiap hari, dapat menjaga kesehatan tubuh. 

Soalnya, apel mengandung vitamin yang cukup lengkap dan memiliki manfaat sebagai antioksidan.

Selain itu, dalam satu buah apel mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan potasium.

Melihat begitu banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, tak salah jika apel dinobatkan sebagai buah yang bagus untuk kulit saat puasa.

3. Semangka

Kemudian, semangka juga termasuk buah yang bagus dikonsumsi saat puasa. Buah semangka terkenal karena kandungan airnya yang banyak dan menyegarkan.

Sehingga, buah ini seringkali disajikan sebagai makanan pembuka untuk berbuka puasa.

Semangka mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C, mineral, dan senyawa antioksidan.

Selain cocok untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh setelah berpuasa seharian, semangka juga termasuk buah yang bagus untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 4 Tanda Tidak Cocok Memakai Micellar Water, Sudah Tahu?

4. Jeruk

Berikutnya, mengonsumsi jeruk selama berpuasa saat bagus karena mengandung air yang tinggi. Sebagian besar jeruk mengandung air dan karbohidrat.

Di sisi lain, jeruk adalah buah-buahan yang kandungan gula yang tinggi berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Gula yang terkandung di dalam jeruk adalah gula alami yang tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga relatif aman dikonsumsi untuk mereka yang menderita diabetes.

Meskipun termasuk buah yang bagus untuk puasa, tetap konsumsilah dalam jumlah wajar, ya.

5. Blewah

Buah yang bagus dikonsumsi saat puasa lainnya adalah blewah. Buah ini tidak asing disajikan sebagai campuran es buah saat berbuka puasa. Buah berwarna oranye muda ini punya rasa dan wangi khas yang membuatnya lezat disajikan sebagai takjil.

Bukan cuma rasanya yang enak dan segar, blewah juga kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan nutrisi yang hilang selama berpuasa seharian.

Itulah beberapa buah yang bagus dikonsumsi saat puasa. Konsumsi buah segar secara langsung dan setiap hari selama Ramadan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News