Keluarga

5 Benda di Rumah yang Tak Harus Sering Dibersihkan

5 Benda di Rumah yang Tak Harus Sering Dibersihkan

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga rumah tetap nyaman ditempati oleh penghuninya. Namun, ternyata tidak semua barang di rumah perlu sering-sering dibersihkan, lo.

Sebab, terlalu sering membersihkan beberapa benda tertentu, justru hanya akan membuang-buang tenaga, bahkan dapat merusak benda tersebut.

Jadi, benda apa saja di rumah yang tidak harus sering-sering dibersihkan? Dirangkum dari hgtv.com, Insider, dan Family Handyman, berikut penjelasannya.

Cermin

Kaca cermin yang kotor memang kurang enak dilihat karena cukup mengganggu saat sedang becermin, tapi hindari membersihkan cermin terlalu sering dengan cairan pembersih.

Sebab, penggunaan cairan pembersih yang terlalu banyak dapat mengikis lapisan reflektif pada cermin, sehingga membentuk bercak hitam pada cermin. Jadi, cukup bersihkan cermin seminggu sekali dan gunakan cairan pembersih secukupnya.

Baca Juga: Kurangi Sampah Yuk! Simak 3 Ide Memanfaatkan Sampah Organik di Rumah

Kompor

Walaupun kompor hampir setiap hari digunakan untuk memasak makanan, Anda tidak perlu membersihkan permukaannya setiap kali selesai memasak.

Sebab, makanan yang Anda masak tidak langsung bersentuhan dengan kompor, sehingga kompor tidak terlalu kotor. Kecuali ada tumpahan makanan yang cukup banyak, cukup lap ringan kompor setelah selesai digunakan dan bersihkan secara menyeluruh minimal sebulan sekali.

Gorden

Pada dasarnya, Anda tidak perlu sering-sering mencuci gorden atau tirai di rumah. Cukup bersihkan noda atau debu yang menempel di gorden setiap kali dibutuhkan.

Setiap enam bulan atau setahun sekali, barulah cuci gorden atau tirai dengan mesin cuci. Tak terlalu sering mencuci gorden justru bisa membantu gorden lebih awet, lo.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kamar Tidur yang Pengap, Tidur Jadi Lebih Nyaman

Furnitur kayu

Untuk menjaga tampilannya, furnitur kayu memang perlu dirawat dengan baik. Namun, membersihkannya terlalu sering justru dapat memancing lebih banyak debu dan kotoran yang menempel, lo.

Pasalnya, cairan pembersih furnitur kayu terkadang meninggalkan residu yang menumpuk, sehingga menyebabkan debu menempel. Jika ingin membersihkan furnitur kayu, cukup bersihkan dengan kemoceng seminggu sekali.

Oven

Hampir sama seperti kompor, oven tidak perlu sering-sering dibersihkan karena makanan yang dipanggang di dalamnya tidak menyentuh permukaan oven secara langsung. Selain itu, panas di dalam oven bisa membantu membunuh kuman.

Jika ada tumpahan makanan, cukup lap dengan kain bersih. Setiap beberapa bulan sekali, barulah lakukan deep clean pada oven supaya tampilannya terjaga.

Itulah beberapa benda di rumah yang tidak harus sering-sering dibersihkan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News