Keluarga

5 Beauty Hack Menggunakan Vaseline Petroleum Jelly yang Menarik untuk Dicoba

5 Beauty Hack Menggunakan Vaseline Petroleum Jelly yang Menarik untuk Dicoba

MOMSMONEY.ID - Vaseline Petroleum Jelly merupakan produk perawatan tubuh multifungsi yang terbuat dari 100% petroleum jelly murni. Melansir Hello Sehat, petroleum jelly sendiri adalah campuran lilin dan minyak mineral yang dibuat dengan memurnikan minyak tanah (petrolatum) atau menghilangkan zat tertentu pada minyak tanah hingga warnanya berubah menjadi putih dan baunya tidak lagi menyengat.

Ada beragam manfaat Vaseline Petroleum Jelly termasuk membantu melembabkan kulit yang sangat kering, mengatasi bibir pecah-pecah, hingga mencegah timbulnya bekas luka.

Selain bermanfaat untuk perawatan tubuh secara keseluruhan, Vaseline Petroleum Jelly juga bisa dijadikan beauty hack yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Dilansir dari Allure dan Who What Wear, inilah 5 beauty hack menggunakan Vaseline Petroleum Jelly yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga: 5 Rempah-rempah yang Bermanfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Untuk mengatasi maskara yang menggumpal

Pemilihan atau pengaplikasian maskara yang tidak tepat rentan menyebabkan bulu mata menggumpal. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Vaseline Petroleum Jelly bisa jadi andalan.

Untuk membantu mengatasi maskara yang menggumpal, ambil Vaseline Petroleum Jelly secukupnya menggunakan ujung jari lalu gosokkan ke bulu mata Anda. Ini akan memisahkan bulu mata Anda dari gumpalan maskara sekaligus membuatnya terlihat lebih rapi dan lebih menarik dari sebelumnya. Supaya bulu mata Anda tampak lebih lebat, Anda bisa mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly ke garis bulu mata guna menambah volume dan membuatnya bersinar.

2. Untuk menggantikan highlighter

Ternyata, Vaseline Petroleum Jelly bisa digunakan sebagai highlighter lho Moms. Beauty hack ini pertama kali diperkenalkan oleh penata rias Kim Kardashian bernama Mario Dedivanovic. Cara menggunakan Vaseline Petroleum Jelly sebagai highlighter pun tergolong mudah yakni cukup menepuk-nepuknya tepat di sepanjang tulang pipi.

Dengan menerapkan beauty hack ini, area tulang pipi Anda akan memancarkan cahaya yang indah dan alami tanpa tambahan produk apapun lagi.

3. Untuk mencerahkan warna eyeshadow

Beauty hack menggunakan Vaseline Petroleum Jelly selanjutnya yang menarik untuk dicoba adalah mengoleskannya ke kelopak mata sebelum memakai eyeshadow layaknya mengaplikasikan primer mata. Hasilnya, warna eyeshadow yang Anda pakai akan terlihat jauh lebih kaya dan cerah.

Namun, pastikan untuk tidak mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly dengan lapisan tebal kecuali Anda menginginkan tampilan eyeshadow yang mengkilap.

Baca Juga: 5 Tanda Physical Exfoliation yang Anda Lakukan Terlalu Berlebihan

4. Untuk menghapus makeup

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly lainnya yang tidak kalah luar biasa yaitu mampu membantu menghapus makeup. Bahkan, produk ajaib ini bisa menghapus eyeliner dan maskara yang memiliki formula anti-luntur.

Vaseline Petroleum Jelly dapat dengan mudah melarutkan makeup serta aman digunakan di sekitar area mata yang cenderung tipis sehingga tidak perlu khawatir akan merusak kulit. Itulah sebabnya Vaseline Petroleum Jelly bisa menjadi alternatif makeup remover yang sangat baik sebelum menindaklanjutinya dengan facial wash.

5. Untuk menenangkan jerawat kistik

Mengoleskan sesuatu yang berminyak pada kulit yang rentan berjerawat mungkin tampak menakutkan ya, Moms. Kendati Vaseline Petroleum Jelly memiliki formula yang agak berminyak, faktanya produk ini bersifat non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori) serta dapat membantu menenangkan jerawat kistik dengan cara menjaga fungsi penghalang kulit yang sehat dari peradangan. Mengutip SehatQ, jerawat kistik atau cystic acne atau jerawat batu adalah jenis jerawat yang terbentuk dari penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di jaringan kulit paling dalam bahkan jauh di dalam folikel rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menjadikan Vaseline Petroleum Jelly sebagai sleeping mask yang digunakan di akhir rutinitas skincare malam. Dengan begini, kandungan dari setiap produk skincare yang Anda pakai akan tersegel dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News