5 Bahan Skincare yang Bermanfaat untuk Mengontrol Minyak pada Wajah

Reporter: Ana Risma
Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:02 WIB
5 Bahan Skincare yang Bermanfaat untuk Mengontrol Minyak pada Wajah

ILUSTRASI. 5 Bahan Skincare yang Bermanfaat untuk Mengontrol Minyak pada Wajah.


MOMSMONEY.ID - Salah satu hal yang harus Anda cermati dalam merawat kulit adalah bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam produk skincare yang hendak Anda gunakan. Mengapa bahan-bahan skincare perlu Anda pahami? Karena, saat Anda berhasil menemukan bahan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda, hasil yang diberikan pun akan maksimal dan risiko iritasi akan berkurang.

Nah, jika kulit Anda berminyak, maka sangat disarankan bagi Anda untuk memilih produk skincare yang memiliki kemampuan mengontrol minyak dan menghindari produk yang berisiko menyumbat pori-pori.

Sebagai acuan, inilah 5 bahan skincare yang bermanfaat untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Selalu Lapar Sepanjang Waktu

1. Antioksidan

Stres oksidatif pada kulit yang juga terkait dengan kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan memicu minyak berlebih. Melansir Wikipedia, stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya, intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Untuk membantu melawan stres oksidatif yang memicu minyak berlebih, Anda disarankan untuk memanfaatkan bahan-bahan yang mengandung antioksidan.

Salah satu bahan yang mengandung antioksidan tinggi adalah lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya diklaim dapat mencegah kulit bersisik yang disebabkan oleh minyak berlebih. Selain itu, bahan ini juga memiliki manfaat anti-inflamasi yang berguna untuk membantu mengurangi jerawat dan kemerahan.

2. Salicylic acid

Bahan skincare yang telah lama populer dalam rutinitas perawatan kulit berminyak adalah salicylic acid. Dikenal sebagai lipofilik, salicylic acid memiliki kemampuan untuk melarutkan minyak.

Salicylic acid dapat menembus jauh ke pori-pori guna menyingkirkan kotoran yang berdiam di dalamnya. Selain itu, bahan ini juga mampu membersihkan penumpukan minyak dan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih bersih.

3. Clay

Clay atau tanah liat seperti kaolin, bentonit, dan montmorillonit adalah salah satu bahan penyerap minyak terbaik yang ada di dunia kecantikan. Dikarenakan kadar airnya yang rendah, clay terbilang efektif untuk menyedot minyak dan kotoran pada kulit wajah Anda.

Setelah menggunakan produk skincare berbahan clay misalnya dalam bentuk masker, pastikan Anda tidak lupa untuk menggunakan produk-produk yang melembabkan ya Moms. Hal ini dilakukan guna mengatasi efek pengeringan akibat penggunaan produk berbahan clay.

4. Charcoal

Bahan pokok untuk merawat kulit berminyak yang tidak kalah populer adalah charcoal atau arang. Charcoal sendiri memiliki tekstur alami menyerupai spons pekat dengan banyak lubang di dalamnya.

Banyak dijumpai dalam produk masker, charcoal dapat menyerap minyak dari kulit Anda dan menjebaknya di dalam lubang yang dimilikinya. Dengan demikian, charcoal akan sangat efisien untuk menciptakan kulit yang segar dan bebas kilap.

5. Niacinamide

Dikenal juga sebagai vitamin B3, niacinamide terbilang populer untuk menyerap sebum berlebih dan memperbaiki tampilan pori-pori serta garis-garis halus.

Niacinamide juga memiliki kemampuan untuk memperkuat skin barrier dan meningkatkan tingkat pembaruan permukaan kulit guna membantu memperbaiki tanda-tanda kerusakan seperti hiperpigmentasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER