HOME, Keluarga

5 Bahan Skincare yang Bermanfaat untuk Melawan Tanda-Tanda Penuaan Kulit

5 Bahan Skincare yang Bermanfaat untuk Melawan Tanda-Tanda Penuaan Kulit

MOMSMONEY.ID - Semakin bertambahnya usia, tentu perawatan kulit yang Anda lakukan tidak boleh disamakan dengan perawatan kulit semasa Anda muda. Hal ini dikarenakan produk-produk skincare remaja yang Anda gunakan dahulu memiliki kandungan yang kurang efektif untuk memerangi tanda-tanda penuaan yang mulai muncul pada kulit.

Saat usia Anda sudah melewati 25 tahun, maka Anda harus segera mempertimbangkan untuk menggunakan produk-produk berlabel anti-aging. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui dengan betul komponen apa saja yang harus ada di dalam produk skincare anti-aging sebelum menggunakannya.

Sebagai referensi, inilah 5 bahan skincare yang umum dijumpai dalam skincare anti-aging dan berguna untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit sebagaimana dilansir dari BeBeautiful. Simak baik-baik, yuk!

Baca Juga: Setelah Melakukan Facial Wajah, Inilah 3 Hal yang Harus Anda Lakukan

1. Retinol

Retinol adalah turunan vitamin A yang memiliki kemampuan untuk membantu mengobati bintik-bintik hitam, garis-garis halus, dan kerutan pada kulit akibat paparan sinar matahari dan proses penuaan.

Retinol memainkan peran penting dalam mempercepat proses pergantian sel dan menghilangkan sel-sel mati dari kulit Anda sehingga dapat merangsang perbaikan. Dengan segala manfaat yang dimilikinya, retinol akan memastikan sirkulasi yang lebih baik dan menjadikan kulit terlihat kenyal dan sehat.

2. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Seperti glycolic acid, AHA mampu bekerja sedemikian rupa untuk membantu bahan-bahan anti-aging lainnya meresap ke dalam kulit.

Selain itu, AHA juga merupakan eksfoliator yang sempurna untuk kulit sehingga mampu mempercepat pembaruan sel sekaligus memperlambat waktu bagi kulit untuk menua.

3. Kolagen

Kolagen dikenal sebagai salah satu protein terpenting dalam tulang, kulit, sistem pencernaan, dan lain-lain. Protein ini bertanggung jawab dalam menjaga kulit tetap kenyal dan sehat.

Meskipun penting, bukan berarti kadar kolagen dalam tubuh akan utuh sampai kapan pun. Sebaliknya, kolagen justru akan berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, produk-produk skincare yang dapat menginduksi kolagen sangat disarankan untuk digunakan terutama bagi orang-orang yang sudah tak lagi muda.

Dikarenakan tanda-tanda penuaan terlihat paling jelas di area mata, Anda bisa memilih eye product seperti eye cream yang mengandung kolagen tinggi guna memerangi kulit bawah mata Anda dari kerutan maupun kantung mata.

4. Niacinamide

Bahan yang satu ini merupakan komponen vitamin B3 dan telah ditemukan untuk mencegah kulit dari kehilangan kadar air yang mana kadar air yang berkurang merupakan salah satu penyebab utama dari penuaan kulit.

Berkat kemampuannya yang dapat merangsang sirkulasi, niacinamide patut untuk Anda masukkan ke dalam rutinitas perawatan anti-aging harian Anda. Anda bisa memanfaatkan produk-produk skincare dalam bentuk serum, essence, atau face cream yang mengandung niacinamide untuk memelihara kulit tetap awet muda, kenyal, dan bercahaya.

5. Vitamin C

Dikenal sebagai salah satu solusi anti-aging yang paling umum dan efektif bahkan hingga hari ini, vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat proses perbaikan kulit.

Selain dapat ditemukan dalam berbagai jenis produk skincare, kebutuhan vitamin C juga dapat Anda penuhi dengan rajin mengonsumsi sayuran berdaun gelap serta buah-buahan seperti jeruk dan stroberi.

Moms, itulah 5 bahan skincare yang bermanfaat sebagai anti-aging bagi kulit. Jadi, apakah Anda siap untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit Anda sekarang juga?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News