HOME, Keluarga

5 Bahan Skincare Ini Cenderung Keras dan Merusak Kulit Wajah, Sebaiknya Dihindari!

5 Bahan Skincare Ini Cenderung Keras dan Merusak Kulit Wajah, Sebaiknya Dihindari!

MOMSMONEY.ID - Dari mata turun ke hati, itulah pepatah lama yang masih eksis hingga sekarang. Seperti kita tahu, kesan pertama dari suatu pertemuan atau perkenalan sering kali diawali dari tampilan wajah.

Oleh sebab itu, diperlukan perhatian dan perawatan ekstra supaya wajah kita senantiasa terlihat sehat dan sedap dipandang.

Merawat wajah tidak hanya berfokus pada penggunaan skincare yang tepat melainkan juga menghindari bahan-bahan tertentu yang berisiko merugikan kulit.

Dilansir dari Skinkraft Laboratories, inilah 5 bahan yang sebaiknya tidak Anda gunakan pada kulit wajah karena cenderung keras dan merusak. Yuk, cermati!

Baca Juga: Punya Kulit Sensitif? Hindari Serum Wajah yang Mengandung 5 Bahan Ini

1. Paraben

Berbagai produk kecantikan misalnya foundation dan lotion sering kali mengandung paraben. Faktanya, paraben tergolong sebagai bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dengan cara memengaruhi estrogen dalam tubuh.

Bahkan, penggunaan produk kecantikan berbasis paraben dapat menimbulkan reaksi alergi dan menyebabkan kulit memerah, gatal, dan meradang.

2. Body lotion

Sesuai namanya, body lotion sudah sepatutnya digunakan pada badan alih-alih wajah. Hal ini dikarenakan body lotion memiliki formula yang lebih tebal dan lebih berminyak sehingga bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat jika diaplikasikan pada kulit wajah.

Selain itu, kebanyakan body lotion yang ada di pasaran juga mengandung wewangian buatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada wajah.

3. Gula

Selain sebagai pemanis makanan dan minuman, gula juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan scrub wajah. Meskipun memiliki beberapa kualitas exfoliant yang luar biasa, namun gula bisa menjadi abrasif bagi kulit Anda.

Penggunaan gula pada wajah dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kekeringan. Jika tidak diaplikasikan secara lembut, gula bisa menggores kulit Anda dan menimbulkan micro tears (luka-luka kecil).

Jadi, pastikan untuk menggunakan scrub gula secara perlahan atau Anda bisa menggantinya dengan scrub wajah siap pakai yang memiliki partikel kecil.

4. Lemon

Diperkaya dengan vitamin C, lemon memang baik untuk kesehatan. Kendati begitu, mengoleskan irisan lemon secara langsung ke kulit wajah bukanlah pilihan yang tepat dan hanya akan memberikan lebih banyak kerugian.

Psoralen atau bahan kimia yang ditemukan dalam lemon bisa membuat kulit menjadi sensitif terhadap cahaya. Tak sampai di situ, penggunaan lemon mentah pada wajah juga bisa menyebabkan luka bakar alami.

Sebagai gantinya, gunakanlah irisan kentang atau tomat karena kedua bahan ini merupakan pilihan yang lebih aman dibandingkan lemon.

5. Pasta gigi

Pasta gigi populer sebagai obat alternatif untuk mengatasi komedo dan jerawat. Bertolak belakang dengan anggapan tersebut, para ahli justru mengatakan bahwa penggunaan pasta gigi pada wajah dapat menyebabkan luka bakar dan bahkan infeksi.

Dikarenakan pasta gigi mengandung bahan-bahan yang kuat, maka tidak heran jika kulit akan menjadi merah dan iritasi setelah Anda mengoleskan pasta gigi di atasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News