Keluarga

5 Bahan Makanan yang Dapat Memperlancar Siklus Haid

5 Bahan Makanan yang Dapat Memperlancar Siklus Haid

MOMSMONEY.ID - Siklus haidmu tak teratur? Coba konsumsi beberapa bahan makanan untuk memperlancar siklus haid dan aliran darah berikut ini, yuk!

Siklus haid yang tak teratur serta aliran darah yang tak lancar kerap kali membuat sebagian wanita menjadi cemas. Pasalnya, masalah haid bisa jadi menandakan penyakit serius di dalamnya.

Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba beberapa cara untuk memperlancar aliran darah dan siklus haid salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga: Menu Terbaru McD 2022, Ada Ayam Kimchi ala Korea hingga Dark Choco McFlurry

Beberapa bahan makanan berikut ini merupakan sumber alami hormon estrogen sehingga dapat membantu memproduksi hormon tersebut dalam tubuh jika dikonsumsi rutin. Apa saja bahan makanan tersebut? Merangkum dari Times of India dan Healthify Me, berikut ini!

Kayu manis

Teh jahe dan kayu manis

Kayu manis tak hanya terkenal sebagai bahan antioksidan dan anti-inflamasi saja, tapi juga sebagai bahan makanan yang dapat melancarkan siklus haid serta aliran darah pada area pinggul dan meningkatkan level produksi hormon estrogen.

Mengonsumsi kayu manis secara rutin juga dapat membantu menghilangkan kram perut ketika haid sedang berlangsung. Agar bisa mendapat manfaat besar, konsumsilah kayu manis dengan segelas susu secara rutin.

Baca Juga: All New Limo Pizza dengan 6 Rasa Baru di Promo Pizza Hut Terbaru Mulai Oktober 2022

Kunyit

Kunyit merupakan sumber alami hormon estrogen yang merupakan hormon penting pengatur siklus haid. Kunyit juga dapat memperlancar aliran darah di rahim dan daerah panggul.

Sifat antipasmodik dan antioksidan kunyit mampu hilangkan rasa sakit serta meringankan perubahan mood secara cepat. Dianjurkan untuk mengonsumsi susu kunyit rebus atau kunyit latte rutin setiap hari agar haid jadi lancar.

Baca Juga: Ingin Punya Anak Tinggi? Ini 5 Makanan yang Dapat Menambah Tinggi Badan Anak

Pepaya

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu makanan terbaik dalam hal memperlancar siklus haid. Pepaya mengandung beta karoten yang tinggi yang secara khusus dapat menstimulasi produksi hormon estrogen dalam tubuh.

Mengonsumsi buah pepaya secara teratur membantu rahim menjalankan fungsinya dengan baik sehingga dapat melancarkan siklus haid, aliran darah, maupun mencegah rasa nyeri saat haid berlangsung.

Namun, Anda wajib menghindari konsumsi buah pepaya selama masa kehamilan.

Baca Juga: 7 Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Bikin Bibir Bercahaya dan Lebih Lembut

Jahe

Jahe

Kandungan magnesium dan vitamin C dalam jahe dapat memperlancar siklus haid serta aliran darah yang keluar.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan gula merah ke dalam teh jahe karena mengonsumsi minuman ini dapat membantu dalam produksi alami hormon estrogen dalam tubuh.

Baca Juga: Pecinta Anjing Wajib Tahu, Ini 4 Buah yang Dapat Membahayakan Kesehatan Anjing

Cuka apel & madu

Cuka apel dan madu adalah 2 bahan makanan yang dapat memperlancar siklus haid.

Cuka apel membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh serta mengurangi gejala PCOS yang merupakan salah satu alasan utama penyebab haid tak teratur.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Pengeroposan Tulang di Usia Paruh Baya

Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan madu untuk mengurangi rasa pahit agar cuka apel bisa dikonsumsi secara rutin dan memanfaatkan hasil maksimal dari keduanya.

Bagi Anda yang memiliki masalah haid, Anda bisa mengonsumsi beberapa bahan makanan di atas untuk memperlancar siklus haid serta aliran darah yang keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News