5 Bahan dalam Produk Makeup dan Skincare yang Harus Dihindari, Bisa Sebabkan Kanker!

Reporter: Ana Risma
Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:15 WIB
5 Bahan dalam Produk Makeup dan Skincare yang Harus Dihindari, Bisa Sebabkan Kanker!

MOMSMONEY.ID - Jangan hanya karena tergiur oleh klaim atau review orang lain terhadap suatu produk kecantikan, lantas Anda mengabaikan kesehatan diri sendiri. Jadi, mulai saat ini, telitilah sebelum memutuskan untuk menggunakan produk makeup dan skincare.

Pasalnya, kerugian akan setia mengintai ketika Anda acuh tak acuh terhadap bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam sebuah produk kosmetik yang digunakan.

Alih-alih cantik, kulit Anda justru bisa mengalami iritasi atau Anda bahkan bisa terkena kanker jika menggunakan produk makeup atau skincare secara asal-asalan.

Meski terkesan aman-aman saja, namun siapa sangka bahwa beberapa bahan yang sering dijumpai dalam kosmetik ternyata berbahaya bagi kesehatan Anda.

So, catat, inilah 5 bahan dalam produk kecantikan yang harus dihindari jika Anda tidak ingin mengalami berbagai permasalahan kulit hingga kanker sebagaimana dilansir dari IMBB.

Baca Juga: 5 Beauty Hacks Menggunakan Bedak Bayi yang Menarik untuk Anda Coba

1. Pewarna Sintetis

Pewarna sintetis biasanya terbuat dari tar batubara dan minyak bumi. Pewarna sintetis diklaim sangat berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi kulit serta penyakit seperti ADHD. Sering dijumpai dalam produk makeup berwarna-warni, pewarna sintetis sangat disarankan untuk dihindari apapun itu alasannya.

Apabila Anda menjumpai sebuah produk kosmetik yang memiliki label FD&C atau D&C, maka jauhilah produk kosmetik tersebut karena dapat menyebabkan kanker juga.

Paling sering dijumpai dihampir setiap produk makeup.

2. Paraben

Tentu Anda tidak asing dengan paraben bukan? Paraben adalah bahan pengawet yang berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri, ragi, dan jamur dalam kosmetik.

Kendati demikian, paraben ternyata memiliki estrogen yang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Sering dijumpai dalam berbagai jenis produk mulai dari makeup, pasta gigi, hingga sabun cuci muka, baiknya Anda menghindari bahan yang satu ini dan carilah alternatif lain yang jauh lebih aman bagi kesehatan.

Paling sering dijumpai: dihampir setiap produk makeup.

3. Pewangi buatan

Saat ini, wewangian buatan kian marak ditambahkan dalam produk kecantikan. Padahal, bahan yang satu ini benar-benar bisa merugikan kulit.

Setiap kali Anda mengoleskan produk kosmetik mengandung pewangi buatan, itu artinya Anda sedang mengembangkan kemungkinan terjadinya iritasi kulit, alergi, hingga mata berair.

Paling sering dijumpai: dihampir setiap produk makeup maupun skincare.

4. Formaldehyde

Formaldehyde adalah gas tanpa warna dan mudah terbakar yang sering dijumpai dalam produk kosmetik akhir-akhir ini. Selain kosmetik, formaldehyde juga sering digunakan dalam produksi pupuk, kertas, dan kayu lapis serta digunakan sebagai pengawet dalam antiseptik dan obat-obatan.

Dikarenakan sifatnya yang keras, produk kecantikan dengan kandungan formaldehyde dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti kerontokan rambut, alergi kulit, hingga kanker.

Paling sering dijumpai: di produk cat kuku, lem bulu mata, gel rambut, deodoran, dan sabun.

5. Triclosan

Triclosan dapat diserap dengan mudah oleh kulit, hidung, dan mulut meskipun dalam jumlah kecil. Penggunan triclosan dapat sangat memengaruhi kesehatan wanita hamil dan anak-anak.

Bahkan, bahan kimia khusus ini dapat dengan mudah menyebabkan gangguan endokrin. Endokrin sendiri sebagaimana dilansir dari Wikipedia adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain.

Paling sering dijumpai: di produk foundation.

Itulah 5 bahan dalam kosmetik yang sebaiknya Anda hindari mulai dari sekarang jika tidak ingin kesehatan kulit maupun tubuh Anda bermasalah.

Untuk itu, sebelum menggunakan suatu produk kecantikan baik itu makeup maupun skincare, jangan lupa untuk membaca kemasan produk untuk mencari tahu daftar bahan apa saja yang terkandung di dalamnya ya.

Selanjutnya: 5 Tipe Kulit dan Bagaimana Cara Membedakannya, Jangan Salah Pilih Skincare

 

Editor: Ana Risma
Terbaru