Keluarga

5 Bahan Alami yang Efektif untuk Melebatkan Bulu Mata, Tertarik Mencoba?

5 Bahan Alami yang Efektif untuk Melebatkan Bulu Mata, Tertarik Mencoba?

MOMSMONEY.ID - Bulu mata yang lebat memang bisa didapatkan secara instan melalui prosedur eyelash extension atau penggunaan maskara. Meskipun demikian, kedua cara tersebut menawarkan hasil yang sementara.

Jika Anda ingin memiliki bulu mata lebat yang tahan lama, maka Anda bisa mencoba perawatan natural untuk melebatkan bulu mata dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Dilansir dari StyleCraze, ada beberapa bahan alami yang cukup efektif untuk membantu melebatkan bulu mata. Layak Anda jajal, inilah 5 di antaranya.

Baca Juga: 5 Tips Skincare untuk Mencegah Kanker Kulit, Yuk Praktikkan!

1. Castor oil

Castor Oil

Castor oil atau minyak jarak terbentuk dari 90% asam risinoleat. Adapun asam risinoleat telah menunjukkan potensi dalam hal membantu rambut rontok. Dengan demikian, castor oil bisa menjadi pilihan alternatif untuk menjaga ketebalan bulu mata Anda

Kendati begitu, kasus klinis menunjukkan bahwa viskositas castor oil yang tinggi bisa menyebabkan rambut kusut dan kekeringan ekstrem. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum mencoba castor oil untuk melebatkan bulu mata.

Celupkan kapas ke dalam 1 sendok teh castor oil cold-press. Setelah itu, oleskan kapas di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah yang sudah dibersihkan dengan air dan produk pembersih yang ringan. Hindari minyak masuk ke dalam mata dan diamkan castor oil menempel pada bulu mata semalaman lalu bilas keesokan paginya.

2. Lemon peel oil

Lemon

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Parasitology Research, ditemukan bahwa lemon peel oil atau minyak kulit lemon dapat membantu pengobatan tungau bulu mata serta mendorong pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Karena penelitian tersebut dilakukan pada kelinci, maka diperlukan lebih banyak penelitian untuk menetapkan efek yang sama pada manusia.

Untuk membuat lemon peel oil sendiri, sediakan kulit lemon sebanyak 1-2 buah dan minyak kelapa atau minyak zaitun. Tempatkan kulit lemon dalam toples kecil lalu tambahkan beberapa sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalamnya. Tekan-tekan kulit lemon ke dasar toples menggunakan sendok untuk mengeluarkan minyaknya kemudian diamkan campuran ini selama semalaman.

Pada keesokan harinya, celupkan kapas ke dalam lemon peel oil yang sudah jadi dan oleskan ke garis bulu mata atas juga bawah. Biarkan minyak menempel pada bulu mata selama beberapa jam sebelum dibilas. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukan cara ini sebanyak 1-2 kali sehari atau semalaman.

3. Shea butter

Shea Butter

Shea butter kaya akan vitamin C dan dikemas dengan antioksidan serta anti-inflamasi. Seperti kita tahu, vitamin C mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas sekaligus meningkatkan kolagen.

Oleh sebab itu, shea butter layak Anda manfaatkan untuk membantu mempertahankan ketebalan bulu mata dan meningkatkan pertumbuhannya.

Ambil sedikit shea butter dan gosok-gosokkan dengan jari sampai meleleh. Setelah meleleh, oleskan shea butter ke bulu mata atas dan bawah. Biarkan semalaman dan bilas hingga bersih pada keesokan paginya.

4. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau merupakan sumber kaya polifenol bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut termasuk bulu mata.

Campurkan 1 sendok teh daun teh hijau atau 1 kantong teh hijau dengan 1 cangkir air panas. Kemudian, didihkan campuran tersebut selama 5-10 menit. Terakhir, saring cairan tehnya dan minumlah selagi hangat.

Selain diminum, Anda juga bisa mendinginkan campuran teh hijau tadi lalu mengoleskannya ke garis bulu mata atas dan bawah menggunakan kapas. Guna memaksimalkan hasil, pastikan untuk menerapkan cara topikal ini sebanyak 1 kali sehari.

5. Minyak kelapa

Produk Virgin Coconut Oil (VCO) Samala

Minyak kelapa sering digunakan dalam perawatan rambut berkat efek penetrasinya yang mampu membantu mencegah hilangnya protein rambut. Bahan alami multifungsi ini juga dapat digunakan untuk merawat bulu mata yang menipis dan rusak sekaligus meningkatkan pertumbuhannya kembali.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menerapkan minyak kelapa pada bulu mata karena minyak kelapa dapat meninggalkan lapisan minyak yang membebani bulu mata.

Basahi kapas dengan 1 sendok teh minyak kelapa cold-pressed. Sebelum dioleskan pada bulu mata, selalu ingat untuk membersihkan bulu mata Anda terlebih dahulu dengan air dan pembersih yang lembut kemudian keringkan. Terakhir, oleskan kapas yang sudah dibasahi minyak kelapa ke sepanjang garis bulu mata atas serta bawah dan biarkan semalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News