HOME, Bugar

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Mengobati Pegal Linu

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Mengobati Pegal Linu

MOMSMONEY.ID - Pegal linu juga kerap dirasakan oleh banyak orang akibat beraktivitas berlebihan atau olahraga yang terlalu keras.

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami badan yang terasa pegal linu. Bahkan, tidak hanya sekali, mungkin kondisi yang menyerang sistem gerak ini kerap muncul kembali.

Pegal linu bisa terjadi di area tertentu, misalnya pada area kaki saja, tangan saja, leher saja, maupun sakit punggung atau pinggang saja. 

Gangguan kesehatan lain seperti keseleo, asam urat, bursitis, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis bisa menjadi pemicu lain dari munculnya nyeri sendi.

Baca Juga: Ketahui 5 Bahaya untuk Kesehatan Jika Badan Terlalu Gemuk

Kebanyakan dari kasus ini bisa ditangani dengan konsumsi obat tertentu. Ternyata pegal linu bisa sembuh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah, seperti berikut ini.  

1. Bubuk kunyit

Bahan alami yang bisa bantu mengobati pegal linu yang pertama adalah bubuk kunyit. Bahan yang terkenal sebagai penyedap rasa pada kari ini mampu menghilangkan pegel linu.

Dikutip dari National Center for Complementary and Alternative Medicine, pengambilan bubuk ini harus dilakukan dengan tepat, agar manfaat yang diberikan pun bisa maksimal.  

2. Teh hijau

Tidak hanya baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh, teh hijau bermanfaat sebagai bahan alami yang bisa bantu mengobati pegal linu.

Obat ini hadir dalam bentuk herbal dengan racikan lainnya yang membantu meringankan pegal dan linu pada sendi. Minumlah sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.  

3. Jahe

Bahan alami yang bisa bantu mengobati pegal linu lainnya adalah jahe. Jahe biasanya dipilih ketika ingin menghangatkan tubuh dan menyembuhkan batuk.

Jika Anda mengalami pegal linu, Anda bisa menggunakan rempah ini untuk meringankan rasa sakitnya. Kandungan dalam jahe dapat membantu meredakan peradangan karena memiliki sifat antiinflamasi. 

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Rentan Terjadi pada Wanita Menopause

4. Kayu putih

Bahan alami yang bisa bantu mengobati pegal linu selanjutnya kayu putih. Tanaman satu ini diambil minyaknya untuk dimanfaatkan sebagai obat dengan berbagai macam fungsi.

Tidak hanya untuk mengatasi gatal karena gigitan serangga dan menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga baik untuk mengobati nyeri sendi.

Kandungan tanin pada daun tanaman ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi pada sendi.  

5. Air garam

Bahan alami yang bisa bantu mengobati pegal linuGaram lebih dikenal sebagai penyedap rasa alami.

Namun, coba campurkan garam dengan air hangat, karena campuran ini bisa membantu meringankan nyeri sendi yang kamu alami.

Kamu hanya perlu menyiapkan satu baskom air hangat yang dicampurkan dengan garam. Lalu, celupkan area tubuh yang terasa nyeri atau gunakan handuk atau waslap untuk mengompresnya. 

Nah, itu tadi lima obat alami yang bisa Anda temukan dan buat untuk membantu mengatasi nyeri sendi. Namun, jika Anda masih ragu, bisa bertanya pada dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News