HOME, Keluarga

5 Bahan Alami untuk Mengobati Jerawat Nodular pada Wajah

5 Bahan Alami untuk Mengobati Jerawat Nodular pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Blind pimple sebagaimana dilansir dari Healthline adalah jerawat yang telah berkembang di bawah permukaan kulit. Meskipun tidak terlihat dengan jelas, namun jerawat jenis ini dapat dirasakan betul benjolannya ketika disentuh.

Sering disebut juga dengan jerawat nodular, blind pimple berkembang dari kombinasi sebum atau minyak, bakteri, dan kotoran yang terperangkan di pori-pori. Akibatnya, terciptalah benjolan menyakitkan yang tumbuh di bawah kulit.

Blind pimple tergolong sulit untuk dihilangkan. Kendati demikian, Anda tetap bisa mengobatinya dengan memanfaatkan 5 bahan alami di bawah ini.

Baca Juga: Mau Photoshoot? Ikuti 5 Tips Makeup Ini untuk Hasil Foto yang Maksimal

1. Tea tree oil

Dikenal karena manfaatnya yang luar biasa bagi kulit, tea tree oil telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kualitas kulit. Tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba untuk mengobati kondisi kulit seperti blind pimple.

Encerkanlah 1 sendok teh minyak almond dan campurkan dengan 1-2 sendok teh tea tree oil. Teteskan campuran tersebut ke kapas lalu oleskan ke area kulit yang terdapat blind pimple sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas kulit dengan air keesokan paginya.

2. Madu

Madu

Hampir tidak ada bahan alami yang serbaguna untuk kesehatan maupun kulit seperti madu. Mudah ditemukan di mana-mana, madu memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk membantu mengurangi peradangan di area kulit yang terkena blind pimple.

Masukkan 2 sendok makan madu mentah ke dalam mangkuk. Kemudian, ambilah kapas dan celupkan ke dalam madu. Oleskan kapas berbalur madu tersebut dengan sedikit ditekan pada area blind pimple kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

3. Aloe vera

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya dapat mengatasi hampir semua masalah yang berhubungan dengan kulit dan rambut. Bahan alami ini sangat bagus untuk menenangkan kulit yang meradang termasuk blind pimple berkat sifatnya yang anti-inflamasi dan menyembuhkan.

Potong daun lidah buaya segar secukupnya kemudian kupas kulitnya. Gosok-gosokkan gelnya secara langsung pada kulit yang memiliki blind pimple. Biarkan semalaman dan bilas hingga bersih pada keesokan paginya.

4. Green tea

Teh hijau

Selain mampu membantu menurunkan berat badan, green tea atau teh hijau juga mampu menjauhkan racun dari tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Green tea memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi sehingga dapat diandalkan untuk membantu menyingkirkan blind pimple.

Ambil 1-2 kantong green tea celup bekas dan dinginkan. Lalu, oleskan blind pimple dengan green tea yang sudah didinginkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lakukan cara ini secara teratur selama seminggu atau lebih bila diperlukan.

5. Cinnamon oil

Minyak alami yang sehat dapat mengubah penampilan kulit dengan cara meningkatkan kualitasnya sebaik mungkin. Salah satu minyak alami yang bermanfaat bagi kulit adalah cinnamon oil atau minyak kayu manis. Cinnamon oil diklaim mampu melawan bakteri di bawah kulit penyebab blind pimple.

Ambilah 1-2 tetes cinnamon oil dan campurkan dengan minyak kelapa atau minyak bunga matahari secukupnya. Oleskan campuran ini ke area blind pimple dan biarkan semalaman. Terakhir, cuci bersih kulit Anda dengan air dingin keesokan paginya.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Dengan perawatan yang konsisten dan kesabaran ekstra, bukan tidak mungkin blind pimple yang mengganggu akan hilang tanpa sisa.

Selanjutnya: 5 Manfaat Menggunakan Hand Cream, Yakin Tidak Mau Pakai?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News