Bugar

5 Bahan Aktif Dalam Produk Skincare Efektif Mengatasi Hiperpigmentasi

5 Bahan Aktif Dalam Produk Skincare Efektif Mengatasi Hiperpigmentasi

MOMSMONEY.ID - Tidak perlu khawatir, inilah beberapa bahan aktif di dalam produk skincare efektif mengatasi hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi adalah perubahan warna kulit dimana munculnya noda gelap atau hitam di kulit. 

Hal ini terjadi karena sel-sel melanosit di kulit telah memproduksi melanin dalam jumlah besar akibat terpicu oleh paparan sinar Matahari berlebih, peradangan, fluktuasi hormon dan obat-obatan. 

Masalah hiperpigmentasi kini bisa segera diatasi dengan pemakaian produk skincare yang mengandung bahan-bahan aktif terbaik. 

Baca Juga: 3 Rutinitas Malam untuk Meningkatkan Produksi Kolagen, Terapkan Yuk!

Jika Anda sedang mengalami masalah kulit ini, berikut lima bahan aktif skincare yang efektif mengatasi hiperpigmentasi dilansir dari loreal-paris.co.id

1. Vitamin C

Bahan aktif pertama untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi adalah vitamin C. Bahan aktif ini dapat menghambat kerja enzim tirosinase yang penting dalam produksi melanin.

Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan noda hitam yang terbentuk, terutama lentigo. Vitamin C termasuk bahan aktif skincare yang populer dalam mengatasi hiperpigmentasi. 

2. Glycolic acid

Bahan aktif skincare selanjutnya adalah Glycolic acid. Zat asam yang masuk kelompok alpha-hydroxy acid (AHA) ini akan membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit.

Dan, mendorong terjadinya regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih cepat sehingga jumlah sel-sel kulit yang menggelap pun berkurang.

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa glycolic acid dan lactic acid, zat asam dari kelompok AHA lainnya, dapat mempengaruhi kerja enzim tirosinase dalam memproduksi melanin. 

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat di Dada, Mulai dari Hormon Hingga Kebiasaan

3. Niacinamide 

Berikutnya, Niacinamide juga termasuk bahan skincare yang efektif mengatasi hiperpigmentasi. 

Berbeda dari bahan aktif lainnya, cara niacinamide mengurangi jumlah melanin adalah dengan mencegah perpindahan melanin dari sel-sel melanosit ke sel-sel kulit lainnya.

Produk skincare dengan kandungan niacinamide, termasuk serum yang mengandung niacinamide, juga efektif dalam mencerahkan noda hitam. 

4. Symwhite 377

Mungkin jarang terdengar, kandungan Symwhite 377 bisa membantu mengatasi wajah yang kusam sehingga tampak bercahaya dan cerah merata.

Symwhite 377 disebutkan juga memiliki kemampuan mencegah produksi melanin serta merupakan antioksidan sehingga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Baca Juga: 4 Manfaat Menggunakan Face Mist untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

5. Hydroquinone

Bahan aktif skincare untuk mengatasi hiperpigmentasi lainnya adalah Hydroquinone. Jika Anda berkonsultasi ke dokter kulit mengenai masalah hiperpigmentasi, maka kemungkinan besar Anda akan diberi obat oles yang mengandung hydroquinone. 

Hal ini karena hydroquinone efektif untuk mencegah produksi melanin dengan cara mengurangi jumlah sel-sel melanosit di kulit.

Namun, karena hydroquinone tergolong bahan yang keras di kulit, maka di Indonesia, pemakaiannya harus di bawah pengawasan dokter kulit dan tidak dijual bebas. 

Nah, itulah beberapa bahan aktif skincare yang efektif mengatasi hiperpigmentasi. Pilihlah produk skincare yang mengandung bahan-bahan di atas agar masalah kulit hiperpigmentasi bisa dihilangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News