Santai

5 Bagian Tubuh Ini Sering Sakit saat PMS, Cari Tahu Yuk Penyebabnya!

5 Bagian Tubuh Ini Sering Sakit saat PMS, Cari Tahu Yuk Penyebabnya!

MOMSMONEY.ID - Kram pada saat menstruasi adalah hal yang kerap dirasakan oleh kebanyakan wanita. Tak hanya kram, beberapa wanita juga merasakan rasa sakit dan pegal di beberapa bagian tubuh.

Beberapa kondisi lain seperti mual dan kembung juga kerap dirasakan saat menjelang menstruasi.

Secara umum, rasa sakit tersebut biasa terjadi menjelang menstruasi atau pada saat siklus PMS terjadi. Tentu saja rasa sakit tersebut akan membuat para wanita menjadi tidak nyaman dalam menjalani hari-harinya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memperlancar Siklus Haid? Ini 4 Cara Alami yang Bisa Dicoba!

Rasa sakit umumnya menyerang area perut bawah dan payudara pada kebanyakan wanita. Namun, ada juga lima bagian tubuh lainnya yang kerap merasakan sakit atau pegal menjelang atau pada saat menstruasi, yaitu:

  • Area perut
  • Pinggul
  • Tengkuk
  • Paha, dan
  • Punggung bawah

Kondisi tersebut menurut laman laman Mayo Clinic biasa terjadi pada satu atau tiga hari menjelang menstruasi. Puncaknya terjadi 24 jam setelah menstruasi terjadi hingga 2-3 hari setelahnya.

Penyebabnya sendiri tentu saja karena adanya kontraksi pada uterus untuk mengikis lapisannya. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan karena meningkatnya cairan hormon prostaglandin.

Prostaglandin menurut laman Health Line juga memiliki peran yang menyebabkan munculnya inflamasi dan respon sakit pada proses mengeluarkan lapisan dinding uterus saat menjelang atau saat terjadi menstruasi.

Baca Juga: Mulai Perhatikan Yuk, Lakukan 5 Hal Ini agar Menstruasi Nyaman!

Semakin tinggi level prostaglandin yang dihasilkan, maka semakin terasa juga kram atau pun sakit yang dirasakan saat menstruasi.

Selain itu, peran hormon esterogen dan progesteron juga memiliki dampak bagi wanita saat menstruasi.

Kedua hormon tersebut ternyata juga menimbulkan efek yang menyebabkan rasa pusing saat menjelang menstruasi hingga saat menstruasi terjadi. Hal tersebut disebabkan karena rendahnya hormon esterogen dalam tubuh.

Kondisi payudara yang membengkak dan sakit pun juga sering terjadi karena efek dari lonjakan kedua hormon tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News