HOME, Bugar

5 Area Tubuh yang Rentan Mengalami Penuaan, Rawat dengan Baik!

5 Area Tubuh yang Rentan Mengalami Penuaan, Rawat dengan Baik!

MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia seseorang, penuaan juga akan tetap muncul. Akan tetapi, penuaan bisa Anda perlambat dengan merawat kulit dengan benar dan tepat. Ada bagian-bagian tubuh manusia yang rentan mengalami penuaan.

Sebelum terlambat, segera cari tahu lebih dahulu area tubuh mana yang cepat mengalami penuaan. Melansir dari natur-e.co.id, berikut penjelasannya untuk Anda. 

1. Wajah

Kerutan akibat penuaan dini

Area tubuh yang rentan mengalami penuaan pertama adalah wajah. Area tubuh ini tentu sangat terlihat jelas saat kulit wajah mengalami penuaan. Di bawah mata, pipi, dahi, dan hidung merupakan area-area penting yang perlu difokuskan saat mengoleskan tabir surya.

Mulailah perawatan rutin seperti membersihkan kulit, menggunakan krim, hingga memakai masker wajah, sejak dini sebelum terlambat. Anda bisa memanfaatkan putih telur sebagai pengencang kulit natural dan lindungi kulit dari sinar matahari. Saat ke luar rumah, kenakan topi untuk menghalangi sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap hari.

2. Lengan

Selanjutnya, area tubuh yang rentan mengalami penuaan yaitu lengan. Lengan rentan mengalami keriput dan menggelambir. Hal ini biasanya disebabkan oleh kadar pelembap di lengan yang tidak sebanyak bagian tangan lainnya. Sebaiknya sering lakukan latihan fisik yang difokuskan ke bagian lengan, untuk menjaga kekencangan kulit di bagian tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Sabun Cuci Muka Ini Bisa Anda Coba untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

3. Leher

Leher

Area leher juga cukup terlihat jelas jika sudah mengalami penuaan. Padahal leher tidak pernah lepas dari keringat, paparan sinar matahari, dan berbagai aktivitas fisik. Akibatnya, kulit leher tampak kusam, lebih cepat mengalami keriput, hingga tampak mengendur.

Sebaiknya, oleskan krim khusus leher untuk merawat kondisi kulit. Tapi jika tidak memilikinya, gunakan saja krim wajah, serum, atau esens yang dioleskan perlahan dengan gerakan melingkar. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya agar terhindar dari efek buruk sinar matahari saat banyak beraktivitas di luar ruangan.

4. Punggung Tangan

Kuku sehat dan cantik

Area tubuh yang rentan mengalami penuaan berikutnya adalah punggung tangan. Hand cream ternyata salah satu produk perawatan anti-aging yang perlu dimiliki perempuan.

Pilihlah losion yang mampu melindungi bagian atas tangan dari efek sinar matahari yang berbahaya, mulai dari flek hitam, keriput, hingga risiko kanker kulit. Oleskan losion berulang kali saat mendapati kulit terasa kering atau kusam, terutama setelah mencuci tangan atau banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

5. Kaki

Kaki

Area tubuh yang rentan mengalami penuaan terakhir adalah kaki. Kulit kaki sering terlihat kusam, kering, bahkan hingga bersisik dan terkelupas. Cara merawat kaki yang tepat dengan melakukan eksfoliasi, dilanjutkan dengan pemakaian losion yang kaya pelembap dan tabir surya yang melindungi kulit dari dampak sinar matahari.

Perhatikan juga kulit di sekitar lutut yang tampak lebih tebal tapi longgar, yang jadi tanda awal penuaan dini. Selain menggunakan pelembap, rawat juga dengan massage oil secara teratur untuk membuatnya terlihat halus dan bebas kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News