HOME, Bugar

5 Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin untuk Kesehatan Kulit

5 Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin untuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Vitamin C atau yang kerap disebut asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Sumber vitamin C bisa Anda temukan pada buah-buahan dan sayuran segar, atau jika perlu dari suplemen vitamin C.

Vitamin C diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan dan sayuran segar atau jika perlu dari suplemen vitamin C.

Manfaat vitamin ini diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh dan memiliki peran penting untuk kekebalan tubuh.

Manusia perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari agar bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Selain manfaat vitamin C yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu kamu tahu.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Jantung Lemah

1. Mengatasi peradangan kulit

Peradangan pada kulit didasari oleh sejumlah kondisi. seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat, dengan gejala termasuk rasa sakit, kekeringan, dan gatal.

Nutrisi seperti vitamin C memainkan peranan yang sangat penting. Bahkan vitamin C memiliki khasiat yang jauh melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan inflamasi dalam lingkungan patologis.

2.  Merawat Kesehatan
Manfaat konsumsi vitamin C juga dipercaya bisa membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Bukan hanya itu, vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak dan penyakit empedu.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan
Konsumsi vitamin C bermanfaat pada beberapa keadaan, seperti batuk dan pilek yang ternyata bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Begitu pula saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat.

Selain itu vitamin C, berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta membantu proses penyembuhan luka. 

Baca Juga: Dampak Kolesterol Rendah pada Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

4.  Produksi kolagen
Untuk kulit sendiri, manfaat vitamin C membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, mampu menjaga keremajaan, dan mencerahkan kulit.

Vitamin C juga berperan dalam memperlambat penuaan kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti hubungan antara nutrisi dan penuaan kulit pada 4025 wanita berusia 40-74 tahun.

Ditemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih rendah untuk masalah kulit, seperti keriput, kulit kering, dan penuaan kulit.

5. Sebagai antioksidan
Manfaat vitamin C juga sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, serta bahan kimia beracun dan polutan seperti asap rokok.

Radikal bebas dapat menumpuk yang bisa menimbulkan risiko penuaan dini, penyakit kanker, dan penyakit.

Memilih vitamin C dengan sistem pelepasan berkala, dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengurangi keluhan ini. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter terkait konsumsi vitamin C yang aman dan sesuai dengan kondisi Anda, terutama bila Anda memiliki riwayat penyakit, atau sedang hamil maupun menyusui.

Selanjutnya: Sebelum Mengonsumsinya, Kenali Risiko Kopi Hijau untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News