HOME, Keluarga

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Pipis Sembarangan

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Pipis Sembarangan

MOMSMONEY.ID - Dalam memelihara hewan seperti kucing, terkadang buang air kecil sembarangan menjadi masalah bagi seseorang yang merawatnya. Sebab, Anda harus membersihkannya terus-menerus dan bau menyengat mengelilingi ruangan karena kucing tidak mau menggunakan kotak kotorannya dengan benar.

Masalah ini tentu harus diatasi, daripada Anda harus membebaskan kucing Anda dari rumah. Namun, sebelum Anda mulai mengatasi penggunaan kotak pasirnya, penting bagi Anda untuk memahami alasan-alasan kenapa kucing suka pipis sembarangan. Dilansir dari Petmd, berikut 5 alasannya.

Baca Juga: Ketahui 6 Makanan yang Beracun untuk Kelinci

Masalah Medis

Menurut Dr. Cathy Lund dari City Kitty, dokter hewan khusus kucing di Providence, Rhode Island, masalah kesehatan mungkin menyebabkan kucing Anda buang air kecil di luar kotak kotoran. Oleh karena itu, alasan medis harus menjadi perhatian utama sebelum Anda mencurigai banyak hal.

Kemungkinan penyakit yang menyebabkan kucing pipis sembarangan bisa jadi karena masalah infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, dan diabetes. Selain itu, ini juga bisa disebabkan oleh kondisi kucing yang merasa tidak enak badan. Misalnya, kucing yang sudah tua dengan radang sendi parah akan kesulitan untuk pipis dengan benar di dalam kotaknya.

Kotak Kotoran Sudah Kotor

Kucing sebenarnya sangat sensitif dengan kotak kotoran mereka. Mereka menyukai tempat kotoran yang bersih dan nyaman untuk kaki mereka. Terutam jika Anda tidak menggunakan pasir yang dapat menyerap bau, kucing akan menolak mendekatinya karena penciuman hidung mereka lebih kuat. Itulah kenapa masalah kotak kotoran yang sudah kotor dapat menyebabkan mereka pipis sembarangan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kotak kotoran kucing Anda di rumah. Anda dapat membersihkannya setiap hari atau sehari beberapa kali. Anda juga perlu mencuci kotak dan mengganti pasirnya dalam setiap minggu. Anda mungkin juga dapat meletakkan beberapa kotak kotoran sekaligus di beberapa tempat untuk alternatif bila kotak lain sudah penuh.

Susah Menjangkau Kotak Kotoran

Selain kotak kotoran yang kotor, penempatan kotak kotoran juga dapat menyebabkan kucing Anda pipis sembarangan. Ini karena Anda menemapatkan tempat kotoran yang sulit dijangkau oleh kucing. Misalnya Anda meletakkannya terlalu jauh atau terlalu tinggi untuk kucing tua. Mereka pasti akan kesulitan dan akhirnya mencari tempat lain untuk pipis. Bisa juga karena Anda meletakkan kotak kotoran di lokasi-lokasi menyeramkan bagi kucing, misalnya di ujung lorong atau di samping mesin cuci yang sering mengeluarkan suara keras. Ini tentu akan mengancam mereka saat sedang buang air kecil.

Baca Juga: Kucing Dewasa Tidak Perlu Minum Susu Kucing, Ini Alasannya

Stres dan Cemas di Rumah

Kucing yang merasa stres dan cemas di dalam rumah, biasanya akan meredakan ini dengan cara pipis sembarangan. Bau urinnya akan membuatnya merasa lebih aman karena dia mengenali ini wilayahnya dan tak akan ada musuh lain yang akan mendekatinya. Ini sama dengan alasan kucing yang teritorial, tetapi yang satu ini karena kucing tertekan di dalam rumah.  

Ada Hewan Lain di Rumah

Kucing adalah hewan teritorial saat mereka sudah menginjak remaja. Hidup dengan kucing atau hewan lain di dalam rumah akan menumbuhkan sikap ini, terutama bila dia adalah kucing jantan dan saat musim kawin. Ini tentu menjadi masalah bila Anda kebetulan memiliki beberapa kucing jantan sekaligus di rumah. Perilaku spraying mungkin akan dilakukan oleh setiap kucing jantan di rumah.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mensterilkannya. Anda juga dapat menyediakan beberapa kotak kotoran sekaligus untuk menjadi opsi mereka buang air kecil. Sebab, beberapa kucing tidak akan mendekati bekas kotoran kucing lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News