HOME, Keluarga

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Ayah dan Anak untuk Memperkuat Ikatan

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Ayah dan Anak untuk Memperkuat Ikatan

MOMSMONEY.ID - Ketika ibu sedang tidak di rumah, apa yang biasanya Anda lakukan bersama anak-anak Anda? Apakah Anda justru sibuk sendiri dan mengabaikan mereka karena bingung akan melakukan apa?

Jika Anda adalah tipikal ayah yang dekat dan tidak ragu untuk bermain bersama anak-anak kapan pun dan di mana pun, tentu tidak sulit bagi Anda untuk menentukan aktivitas apa yang akan dilakukan bersama anak ketika ibu sedang pergi.

Namun, bagi Anda yang selama ini terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan jarang berkumpul bersama anak, kesukaran pasti membayangi pikiran Anda.

Nah, sebagai referensi, MomsMoney memiliki 5 ide kegiatan yang bisa Anda jajal untuk mengisi waktu luang bersama anak sekaligus mendekatkan hubungan Anda dengan mereka sebagaimana dilansir dari All Pro Dad berikut ini.

Baca Juga: Ingin Mengajarkan Empati kepada Anak? 5 Cara Ini Bisa Anda Praktikkan di Rumah

1. Membangun benteng-bentengan

Setiap anak tentu gemar berimajinasi dan membangun benteng di dalam rumah menjadi salah satu ide yang bagus untuk menyalurkan imajinasi mereka.

Manfaatkanlah sofa, bantal, selimut, kardus, atau apapun yang ada di rumah dan sekiranya dapat dijadikan sebagai material untuk membangun benteng kreasi Anda dan anak. Untuk lahannya, ruang tamu menjadi salah satu area di rumah yang pas untuk Anda pilih.

Selagi membangun benteng, ciptakan komunikasi yang intens dengan anak dan biarkan mereka menyalurkan kreativitasnya perihal desain yang mereka inginkan.

Jadikanlah benteng-bentengan yang Anda dan anak dirikan sebagai zona bebas teknologi. Untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget, sediakan buku cerita yang menarik dan bacakan kisah di dalamnya kepada mereka selayaknya Anda sedang bermain drama.

2. Mengajarkan life skill

Ketika sedang bersama anak-anak Anda tanpa ditemani ibu atau orang lain, manfaatkanlah momen ini untuk mengajarkan life skill kepada buah hati Anda.

Anda dapat mendemonstrasikan teknik bela diri yang Anda kuasai, memberi tahu bagaimana cara mengurus uang sembari main monopoli, mengajarkan naik sepeda, atau melatih keterampilan mengemudi untuk anak-anak yang lebih besar.

Jika ingin disertai aktivitas fisik, Anda dapat mengajak anak-anak untuk merawat pekarangan atau beres-beres rumah. Pastikan untuk mengajarkan dan mendorong anak Anda untuk mengerjakan berbagai keterampilan yang memang perlu mereka pelajari sedini mungkin sebagai bekal yang akan berguna hingga mereka tumbuh dewasa dan hidup mandiri.

3. Buat video untuk ibu

Ada saatnya ibu sibuk dan harus meninggalkan rumah untuk sementara waktu guna mengurus pekerjaannya. Pada saat ibu tidak di rumah, gunakanlah waktu ini untuk membuat hadiah spesial yang akan menunjukkan kepada ibu bahwa ia sangat dicintai oleh Anda dan anak.

Selain membuat hadiah berbau seni buatan tangan sendiri, video dalam format talk show agaknya patut untuk Anda jajal.

Wawancarai anak-anak Anda dengan serangkaian pertanyaan seputar ibu termasuk hal-hal yang mereka sukai dari ibu. Kemudian, mintalah anak untuk mengungkapkan di hadapan kamera mengapa mereka sangat mencintai ibu.

Setelah jadi, jangan lupa untuk mengirimkannya kepada ibu setelah ia pulang dan mendapatkan cukup istirahat supaya harinya menjadi semakin cerah.

4. Mengadakan olimpiade rumah

Ide kegiatan selanjutnya yang menarik untuk Anda coba bersama anak adalah olimpiade. Selain menyenangkan, aktivitas ini juga akan mendorong anak-anak Anda untuk bergerak aktif.

Sesuai namanya, olimpiade ini dapat Anda lakukan di rumah saja baik di dalam maupun di halaman. Adakanlah pertandingan layaknya sedang lomba 17 Agustusan seperti balap sendok, senam, pecah balon, atau apapun yang sekiranya seru.

Sebelum memulainya, Anda dan anak dapat melakukan upacara pembukaan, menciptakan maskot, membuat medali, dan menyiapkan hadiah menarik.

5. Masak resep ciptaan sendiri

Memasak bersama anak merupakan ide yang bagus untuk menciptakan quality time sekaligus mengajarkan keterampilan memasak kepada si kecil. Alih-alih mencoba resep yang sudah viral, cobalah untuk menciptakan hidangan kreasi Anda sendiri.

Anda dapat membuat makanan yang sederhana namun tetap lezat dan bernutrisi misalnya kebab atau pizza buah. Selama di dapur, libatkan anak Anda untuk membantu pekerjaan sesuai kemampuan mereka dan tentunya tidak berbahaya.

Minta mereka untuk mencuci bahan makanan yang masih segar, memasukkan bumbu, atau melakukan plating. Bagi anak yang lebih besar, Anda dapat meminta bantuan mereka untuk mengupas dan memotong buah atau sayuran.

Nah, itulah 5 aktivitas menarik yang bisa dicoba untuk mengisi waktu luang Anda bersama anak terutama ketika ibu sedang tidak ada di rumah.

Tak sekadar menarik, kelima kegiatan di atas juga dapat meningkatkan suasana hati sekaligus memperkuat ikatan orang tua-anak antara Anda dengan buah hati tercinta. Jadi, aktivitas mana yang tidak sabar untuk Anda lakukan bersama anak?

Selanjutnya: Ciptakan Kebiasaan Makan Sehat pada Anak dengan Cara Ini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News