HOME, Keluarga

5 Akibat Negatif Jika Anda Terlalu Sering Menggunakan Makeup

5 Akibat Negatif Jika Anda Terlalu Sering Menggunakan Makeup

MOMSMONEY.ID - Sudah menjadi kebutuhan, tidak sedikit orang yang tidak bisa dilepaskan dengan makeup. Tanpa makeup, wajah akan terlihat pucat dan kurang bergairah. Alhasil, para pecinta makeup tidak ragu untuk memborong beragam produk makeup supaya bisa digunakan kapan pun dan di mana pun.

Faktanya, penggunaan makeup yang terlalu sering dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit lho Moms. Hal ini dikarenakan banyak produk makeup yang mengandung bahan kimia keras sehingga dapat mengganggu fungsi pelindung kulit dan memudahkan patogen untuk masuk ke dalam kulit jika digunakan secara terus-menerus.

Dilansir dari Skinkraft Laboratories, inilah 5 akibat negatif yang akan Anda alami jika Anda terlalu sering menggunakan makeup.

Baca Juga: Segera Periksa ke Dokter Jika Mengalami 5 Gejala Maag Ini

1. Pori-pori tersumbat

Jika Anda menggunakan makeup secara teratur dan membiarkannya menempel di wajah Anda untuk waktu yang lama, kemungkinan besar pori-pori kulit Anda akan tersumbat. Kulit juga akan kesulitan untuk bernapas dan rentan terhadap jerawat, benjolan kecil, serta masalah lainnya.

Bahkan, penggunaan makeup secara berlebihan bisa memicu tumbuhnya benjolan-benjolan di sekitar mata Anda.

2. Penuaan dini

Sunscreen menjadi bagian penting dari rutinitas skincare yang tidak boleh Anda lewatkan terutama jika Anda hendak pergi ke luar ruangan dengan mengenakan makeup. Jika diabaikan penggunaannya, kulit akan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan dapat semakin parah apabila Anda membiarkan makeup menempel terlalu lama pada wajah Anda.

Akibatnya, tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam akan muncul lebih cepat dari seharusnya. Apabila Anda juga lupa untuk menghapus makeup sebelum tidur, sisa-sisa makeup yang masih menempel pun akan masuk ke dalam pori-pori dan merusak elastin. Secara perlahan, bukan mustahil jika kulit wajah Anda akan dipenuhi dengan kerutan dan Anda akan terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

3. Kulit menjadi kering atau berminyak

Penggunaan produk makeup secara terus-menerus terlebih yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa membuat kulit Anda menjadi lebih kering atau berminyak.

Para pemilik kulit kering mungkin akan mengalami kekeringan kulit yang ekstrem jika mereka menggunakan makeup yang tidak tepat. Sedangkan para pemilik kulit berminyak mungkin akan mengalami peningkatan produksi minyak setelah menggunakan produk makeup yang salah.

4. Jerawat

Jerawat dapat terjadi karena berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormon, konsumsi obat-obatan tertentu, diet yang tidak tepat, dan lain-lain. Di sisi lain, penggunaan makeup secara teratur dapat memicu pertumbuhan jerawat dengan lebih sering sekaligus memperparah kondisinya.

Pakar kulit setuju bahwa orang-orang yang memiliki kulit berjerawat harus membatasi penggunaan makeup. Dengan lebih sedikit atau lebih jarang menerapkan makeup, itu dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi komedo penyebab jerawat.

5. Perubahan warna kulit

Mengenakan makeup setiap hari dan tidak membersihkannya dengan baik sebelum tidur dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Residu makeup yang dipadukan dengan polusi dan radikal bebas dapat memengaruhi kolagen, melemahkan kulit, dan menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Misalnya, jika Anda memakai lipstick anti-luntur selama lebih dari 10 jam, warna bibir Anda pun akan menjadi lebih gelap karena kandungan dalam lipstick yang Anda gunakan tersebut sudah menghalangi suplai oksigen ke bibir Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News