Keluarga

4 Warna Lampu yang Memiliki Efek Menenangkan, Cocok Dipasang di Kamar Tidur

4 Warna Lampu yang Memiliki Efek Menenangkan, Cocok Dipasang di Kamar Tidur

MOMSMONEY.ID - Cocok dipasang di kamar tidur, ada warna lampu yang memiliki efek menenangkan.

Selain warna dinding, beberapa warna lampu memiliki efek menenangkan untuk membantu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

Dilansir dari BlissLights, ada 4 warna lampu yang sudah terbukti secara ilmiah memiliki efek menenangkan. Selengkapnya, berikut warna lampu yang memiliki efek menenangkan!

1. Lampu warna biru

Kamar tidur dengan lampu warna biru

Sebuah studi tahun 2017 yang dilaporkan dalam jurnal ilmiah PLOS ONE menemukan bahwa pencahayaan biru menyebabkan relaksasi pasca-stres tiga kali lebih cepat dibandingkan pencahayaan putih konvensional.

Potensi efek menenangkan yang dimiliki lampu berwarna biru juga telah diamati di luar studi ilmiah.

Jika Anda perlu merasa tenang untuk menyelesaikan pekerjaan, lampu warna biru mungkin sangat berguna bagi Anda. Pasalnya, cahaya biru dapat meningkatkan kinerja selama melakukan tugas kognitif, menurut studi tahun 2016 di jurnal ilmiah Sleep.

Baca Juga: 4 Warna Dinding Kamar Tidur yang Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Apa Saja?

2. Lampu warna hijau

Kamar tidur dengan lampu warna hijau

Warna lampu yang memiliki efek menenangkan selanjutnya adalah hijau. Sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan di University of Oxford menemukan bahwa lampu warna hijau dapat meningkatkan kualitas tidur. Adapun tidur malam yang nyenyak diperlukan untuk merasa tenang.

Lampu warna hijau memiliki efek tersebut karena bereaksi kuat dengan hormon tidur yang disebut melanopsin.

Seperti lampu biru, lampu warna hijau juga menunjukkan potensi efek menenangkan termasuk di rumah sakit. Studi tahun 2009 tentang penggunaan lampu warna hijau di rumah sakit dalam Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa arsitek rumah sakit dan ahli kesehatan terkait secara teratur menggambarkan hijau sebagai warna cahaya yang menenangkan.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Stres, Ini 5 Warna Cat yang Memiliki Efek Menenangkan

3. Lampu warna merah

Kamar tidur dengan lampu warna merah

Lampu berwarna merah menunjukkan potensi untuk menenangkan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyetujui bahwa lampu warna merah memiliki panjang gelombang yang lebih tinggi.

Faktanya, mata kita cenderung kurang sensitif terhadap cahaya dengan panjang gelombang yang lebih tinggi.

Nah, karena tubuh tidak terlalu merespons cahaya merah, lampu dengan warna ini mungkin memiliki efek menenangkan.

4. Lampu warna pink

Kamar tidur dengan lampu warna pink

Sebuah buku berjudul Drunk Tank Pink menceritakan kisah eksperimen psikologis besar tentang efek menenangkan dari cahaya berwarna pink.

Menurut penulis buku tersebut yakni Adam Alter, psikolog yang melakukan percobaan pada populasi penjara pada awal 1980-an menemukan bahwa warna pink khususnya bubblegum pink mampu menenangkan para tahanan yang agresif.

Adam Alter juga mengungkapkan bahwa warna pink berhasil meningkatkan sumbangan di badan amal ketika warna pink digunakan dalam materi promosi mereka. Bus yang memiliki kursi warna pink juga lebih jarang dirusak.

Demikian 4 warna lampu yang memiliki efek menenangkan. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News