Keluarga

4 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Ramadan, Catat Ya!

4 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Ramadan, Catat Ya!

MOMSMONEY.ID - Catat, inilah 4 waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan.

Bulan Ramadan tiba, bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dan enggan untuk melakukan aktivitas fisik sama sekali. Alih-alih berenergi, kurang gerak tatkala puasa justru dapat membuat Anda lesu.

Sebaiknya, usahakan untuk tetap berolahraga di bulan Ramadan meskipun olahraga tersebut tergolong ringan. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama ramadan.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk melakukannya? Melansir The Healthy Muslims, berikut 4 waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan:

Baca Juga: Ini 9 Tips Puasa untuk Lansia, Hindari Kafein hingga Kontrol Porsi Makan

1. Sebelum sahur

Waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan yang pertama yaitu sebelum sahur.

Jika Anda bangun sedikit lebih awal untuk sahur, Anda bisa berolahraga sebelum makan. Pada saat ini, tingkat energi cenderung tinggi karena tubuh masih menyimpan energi dari makanan yang Anda makan setelah berbuka puasa.

Kekurangannya, olahraga sebelum sahur akan membuat makanan sahur lebih cepat dicerna dan mendatangkan rasa lapar lebih awal.

2. Siang hari setelah salat zuhur

Waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan yang kedua yaitu siang hari setelah salat zuhur.

Siang hari setelah salat zuhur merupakan waktu yang optimal untuk berolahraga. Tubuh akan mendapatkan dorongan energi yang besar setelah berolahraga di waktu ini. Menariknya, efek ini dapat bertahan hingga waktu berbuka puasa tiba lho.

Tantangannya, Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa hari untuk terbiasa berolahraga di siang hari setelah salat zuhur. Tapi, jika Anda konsisten melakukannya, Anda akan melihat bahwa tubuh Anda mampu beradaptasi dengan cepat.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa, Konsumsi Saat Sahur atau Berbuka

3. Sesaat sebelum berbuka puasa

Waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan yang ketiga yaitu sesaat sebelum berbuka puasa.

Ini termasuk waktu yang ideal untuk berolahraga karena Anda akan segera mendapatkan makanan dan air tidak lama setelah olahraga selesai.

Kendati demikian, sebagian orang mungkin agak sulit untuk berolahraga sebelum berbuka puasa mengingat tingkat energi cukup rendah di waktu ini.

4. Setelah berbuka puasa

Waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan yang terakhir yaitu setelah berbuka puasa.

Baik dilakukan sebelum atau setelah salat isya, olahraga di waktu ini sangat direkomendasikan jika Anda tidak kuat menahan haus selama berolahraga. Selain itu, tingkat energi juga cenderung tinggi setelah berbuka puasa.

Namun, perlu dicatat bahwa berolahraga setelah berbuka puasa dapat memengaruhi tidur karena sistem saraf pusat akan bekerja dan diberikan energi dari latihan yang Anda lakukan.

Itulah 4 waktu terbaik untuk olahraga di bulan Ramadan. Kapan pun waktu yang Anda pilih, pastikan Anda menyesuaikannya dengan kemampuan tubuh Anda dan pertahankan satu waktu yang sudah Anda pilih secara konsisten sepanjang bulan ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News