HOME, Bugar

4 Vitamin yang Bagus Untuk Kulit Wajah, Cari Tahu di Sini!

4 Vitamin yang Bagus Untuk Kulit Wajah, Cari Tahu di Sini!

MOMSMONEY.ID - Vitamin sangat penting bagi tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin yang cukup untuk kulit dapat menjaga kulit sehat, bercahaya, dan awet muda. Jika tidak terpenuhi, maka kulit menjadi tidak sehat dan meningkatkan resiko kerusakan kulit seperti kanker kulit.

Vitamin bisa anda peroleh dari berbagai sumber seperti suplemen vitamin, kandungan produk skincare, sayur, buah dan alamiah seperti sinar matahari. Namun pada sinar matahari, anda jangan terlalu lama berjemur ya cukup 10-15 menit saja. Ada beberapa jenis vitamin yang dipercaya bagus untuk perawatan kulit wajah. Melansir dari jovee.id, berikut empat jenis vitamin dan manfaatnya bagi kulit anda, yaitu:

1. Vitamin D

Vitamin D bisa anda dapatkan dari paparan sinar matahari pagi. Vitamin D berperan penting dalam memberikan warna kulit sehingga dapat membantu mengobati psoriasis. Asupan vitamin D harian yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 600IU per hari. Bagi ibu hamil dan usia 70 tahun kebutuhan vitamin D sangat diperlukan banyak. 

Asupan vitamin D dapat ditingkatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit sehari dan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D seperti sereal sarapan, jus jeruk, yogurt, salmon, tuna, dan cod.

Baca Juga: Jenis-Jenis Jerawat dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

2. Vitamin C

Kandungan antioksidan pada vitamin C dapat berperan dalam produksi kolagen dan membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C sangat tepat dimanfaatkan bagi anda yang ingin melakukan perawatan kulit anti penuaan. 

Mengkonsumsi vitamin C dapat meningkatkan kinerja tabir surya saat dioleskan ke kulit untuk perlindungan lebih terhadap paparan sinar UV matahari. Selain itu, Vitamin C juga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan, sehingga dapat mengurangi munculnya kerutan, membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering.

Asupan vitamin C yang direkomendasikan adalah 1.000 mg per hari. Anda bisa mengonsumsi makan jeruk, stroberi, brokoli,  bayam, atau sumber vitamin C nabati lainnya,  atau suplemen vitamin sesuai anjuran dokter. Selain itu, anda juga bisa memilih produk skincare yang mengandung vitamin C untuk mengatasi kekeringan, kemerahan, kerutan, dan bintik-bintik hitam.

3. Vitamin E

Selanjutnya vitamin yang bagus untuk perawatan kulit wajah yaitu vitamin E. Memenuhi asupan vitamin E bisa dari mengonsumsi suplemen vitamin, kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, hazelnut, dan biji bunga matahari. Bagi orang dewasa disarankan membutuhkan vitamin E sekitar 15 mg per hari.

Vitamin E berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ternyata tubuh dapat memproduksi vitamin E melalui sebum, zat minyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika dalam keadaan seimbang, maka sebum membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan

4. Vitamin K

Vitamin yang bagus untuk perawatan kulit wajah terakhir yaitu vitamin K. Vitamin K dapat anda peroleh dari kubis, bayam, selada dan kacang hijau. Bagi orang dewasa vitamin K dibutuhkan antara 90 - 120 mg per hari. Vitamin K berfungsi untuk mengatasi stretch mark, pembuluh darah laba-laba, bekas luka, titik gelap, dan mata panda.

Selanjutnya: Cara Membuat Pupur Dingin dan Pupur Bangkal, Rahasia Kecantikan Wanita Banjar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News