HOME, Keluarga

4 Trik Menghilangkan Bau Asap di Rumah, Mudah Dilakukan!

4 Trik Menghilangkan Bau Asap di Rumah, Mudah Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Dari berbagai bau yang biasa muncul di rumah, bau asap termasuk salah satu jenis bau yang dapat mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

Bau asap yang dihasilkan dari rokok hingga pembakaran sampah tidak hanya beraroma kurang sedap, tapi juga bisa menempel ke permukaan rumah sehingga sulit hilang. Selain itu, asap yang terhirup terus-menerus juga kurang baik untuk kesehatan.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi dan menghilangkan bau asap yang muncul di rumah. Melansir penjelasan dari laman Real Simple dan Bobvila, berikut trik-triknya.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Dia Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah!

Membuka jendela dan pintu

Membuka jendela dan pintu merupakan cara termudah untuk meminimalisir bau asap di rumah. Dengan membuka jendela dan pintu, udara segar akan mengalir masuk dan menarik bau asap ke luar rumah. Hal ini juga akan membantu melancarkan sirkulasi udara.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda dapat menyalakan kipas angin di dekat jendela dan pintu dengan pengaturan kecepatan tertinggi. Tempatkan kipas angin sehingga baling-balingnya menghadap ke luar jendela atau pintu supaya bau asap tertarik ke luar.

Menggunakan baking soda

Baking soda alias soda kue tak hanya bermanfaat sebagai campuran adonan kue, tapi juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih rumah dan menyerap bau tidak sedap seperti asap.

Cara menggunakannya pun mudah. Tuangkan baking soda ke beberapa mangkuk kecil, lalu letakkan mangkuk-mangkuk tersebut ke beberapa titik di rumah. Diamkan baking soda selama kurang lebih 24 jam supaya bau asap terserap dengan sempurna.

Baca Juga: Lantai Masih Terasa Kotor Setelah Dipel? Mungkin Ini Penyebabnya

Menggunakan arang aktif

Arang aktif atau activated charcoal adalah bahan yang sering digunakan untuk menyerap bau tidak sedap, sehingga bisa digunakan untuk membantu mengurangi dan menyingkirkan bau asap yang ada di rumah.

Anda bisa membeli arang aktif yang dikemas dalam bentuk kantung-kantung kecil, lalu gantungkan pada tempat-tempat yang terkena bau asap di rumah dan diamkan beberapa jam. Jangan tuangkan arang aktif langsung ke kain atau area lain di rumah, karena bisa meninggalkan noda.

Menggunakan air purifier

Jika Anda punya budget berlebih, cobalah untuk menggunakan air purifier untuk membersihkan udara di rumah dari bau asap yang menyengat.

Faktanya, selain menyingkirkan kuman dan bakteri di udara, beberapa air purifier juga dapat membersihkan udara dari bau asap. Pastikan Anda memilih air purifier yang dilengkapi dengan HEPA filter dan filter karbon supaya bau asap bisa terserap dengan baik.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi bau asap yang menyengat di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News