CLOSE [X]
ads

4 Tren Strategi Pemasaran Pelaku Bisnis Online

Reporter: RR Putri Werdiningsih
Selasa, 11 Januari 2022 | 17:50 WIB
4 Tren Strategi Pemasaran Pelaku Bisnis Online

ILUSTRASI. Belanja daring.


MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Perkembangan bisnis digital dalam dua tahun terakhir berkembang cukup pesat. Rupanya pandemi Covid-19 justru berhasil meningkatkan aktivitas belanja menggunakan platform digital. 

Pelaku usaha juga cukup kreatif mengembangkan bisnisnya di ranah online. Namun untuk menghadapi persaingan yang semakin sengit, tidak bisa hanya sekedar mengandalkan strategi yang biasa-biasa. Perlu strategi yang cermat demi menarik hati konsumen. 

IDMARCO Enabler, penyedia solusi e-commerce management memproyeksikan beberapa strategi pemasaran yang akan menjadi tren di kalangan pebisnis online tahun 2022. Yuk apa saja trennya : 

1. Collaborative Marketing

Dalam hal ini pelaku usaha bisa berkolaborasi dengan pihak lain untuk menyediakan layanan bagi konsumen. Misalnya menyangkut teknologi pembayaran. Merek bisa berkerjasama dengan bank atau lembaga keuangan non bank yang memiliki platform pembayaran. 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha di Bidang Kreatif ala Uti Rahardjo

2. Supperior Customer Experiance 

Pengalaman berbelanja menjadi hal yang penting bagi konsumen. Pelaku bisnis yang bisa menghadirkan pengalaman lebih baik dari kompetitor bisa membuat mereknya menjadi lebih superior dibanding lainnya.
 
3. Omnichannel Strategi 
Kini, pelaku usaha harus memanfaatkan semua kanal penjualan yang dimiliki entah itu toko offline, webiste, layanan mobile atau sosial media. Tidak berdiri sendiri. Berbagai layanan itu harus selalu bersinergi menjadi strategi omnichannel. Cara ini lebih efektif mendorong terjadinya pembelian dari pada kanal yang tidak saling terintegrasi.
 
4. Inspiring Purpose
Sekarang ini sebagian konsumen tidak membeli produk hanya berdasarkan fungsinya saja. Lebih dari itu. Ada yang membeli karena untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk meningkatkan kualitas hidup, karena ingin berpartisipasi menciptakan lingkungan yang lebih baik. Jadi sekarang tuntutannya pemilik usaha juga harus bisa memberikan inspirasi tersendiri terhadap konsumennya. 

Baca Juga: Tips Usaha Nugget Ayam Rumahan, Modal Kecil Laba Lumayan

Sayangnya untuk mengaplikasikan keempat tren tersebut tidaklah mudah. Nah, IDMARCO Enabler dapat membantu pelaku bisnis online dan merek yang ingin mengembangkan usahanya. Pelaku usaha bisa memanfaatkan layanan yang end to end solution yang dimiliki IDMARCO Enabler. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru