HOME, Keluarga

4 Tren Dekorasi Ruang Makan 2022, dari Gaya Japandi Hingga Penggunaan Marmer

4 Tren Dekorasi Ruang Makan 2022, dari Gaya Japandi Hingga Penggunaan Marmer

MOMSMONEY.ID - Selain ruang santai atau ruang keluarga, ruang makan adalah salah satu area komunal yang kerap digunakan seluruh keluarga untuk berkumpul, terutama saat menyantap makanan.

Oleh karena itu, ruang makan perlu didesain dan didekorasi sebaik mungkin supaya penghuni rumah betah menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu cara yang bisa digunakan adalah mendekorasi ruang makan berdasarkan tren yang tengah populer.

Di tahun 2022, salah satu tren yang diprediksi akan populer adalah dekorasi rumah dengan konsep ramah lingkungan. Jadi, Anda bisa menggunakan konsep tersebut dalam mendekorasi ruang makan di rumah.

Baca Juga: Deretan Tren Warna Kamar Tidur 2022, Banyak Warna Natural!

Selain itu, apa lagi tren dekorasi yang bisa digunakan untuk menata ruang makan di tahun 2022? Berikut penjelasannya.

Gaya Japandi yang minimalis

Salah satu gaya interior yang diperkirakan akan banyak digunakan di ruang makan adalah gaya Japandi. Melansir edecortrends.com, gaya yang menggabungkan elemen interior Jepang dan Skandinavia ini menggunakan konsep minimalis yang mengutamakan fungsionalitas suatu ruangan.

Jadi, dengan gaya ini, Anda hanya perlu berfokus pada fungsi barang yang digunakan pada ruang makan. Pilih furnitur dan dekorasi yang terlihat simpel dengan warna netral, sehingga ruang makan akan terlihat bersih, hangat, sekaligus nyaman.

Meja makan berbentuk bundar

Tren interior rumah di tahun 2022 akan banyak condong pada penggunaan furnitur berbentuk bundar. Anda pun bisa mengikuti tren ini dengan cara menggunakan meja makan berbentuk bundar.

Dikutip dari Hackrea, penggunaan bentuk-bentuk bulat di ruang makan akan menghilangkan kesan kaku dan tajam. Selain itu, meja makan berbentuk bundar dapat menjadi centerpiece yang menarik di tengah ruang makan.

Baca Juga: Bikin Suasana Makin Hidup, Ini 4 Tren Warna Dapur 2022

Konsep interior yang ramah lingkungan

Gaya hidup yang sustainable dan ramah lingkungan saat ini sudah mulai merambah ke banyak bidang, termasuk interior rumah. Untuk mengaplikasikan konsep ini ke ruang makan, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan furnitur yang terbuat dari bahan alami, terutama pada meja dan kursi makan. Dilansir dari Interiors Online Australia, penggunaan bahan alami seperti kayu dan rotan untuk furnitur rumah bersifat sustainable karena cenderung tidak akan merusak lingkungan jika masa pakainya sudah berakhir.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kap lampu yang terbuat dari anyaman bambu atau rotan. Sebagai sentuhan akhir, coba tambahkan tanaman hias di dalam ruang makan untuk memberi warna hijau yang menyegarkan.

Baca Juga: Hati-Hati, Tren Desain Dapur Ini Akan Ditinggalkan di Tahun 2022

Elemen marmer

Tak hanya kayu, marmer juga diprediksi akan menjadi material yang banyak digunakan di ruang makan di tahun 2022. Jika Anda menyukai tampilan rumah yang glamor, material yang satu ini akan menambahkan sentuhan mewah di ruang makan.

Penggunaannya pun beragam, mulai dari permukaan meja, lantai, hingga dinding ruang makan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan material ini supaya tidak membuat ruang makan terlihat berlebihan dan norak.

Itulah beberapa contoh tren dekorasi ruang makan yang diperkirakan populer di tahun 2022. Siap mendekorasi ulang ruang makan Anda di tahun yang baru ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News