Keluarga

4 Titik Tubuh yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Parfum, Apa Saja?

4 Titik Tubuh yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Parfum, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Suka pakai parfum? Pastikan Anda tahu 4 titik tubuh yang harus dihindari saat menggunakan parfum.

Selain mengetahui titik terbaik tubuh yang bisa membuat aroma parfum lebih tahan lama, Anda juga perlu tahu titik-titik tubuh mana saja yang wajib dihindari.

Melansir Alexandria Fragrances dan Reader’s Digest, ada 4 titik tubuh yang harus dihindari saat menggunakan parfum. Simak dan catat, berikut keempat titik tubuh tersebut:

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tubuh Tetap Wangi Tanpa Parfum, Mulai dengan Pola Makan Sehat

1. Rambut

Rambut dinilai mampu menyerap aroma secara alami. Itulah mengapa rambut menjadi salah satu titik favorit bagi banyak orang untuk menyemprotkan parfum.

Faktanya, parfum berisiko mengeringkan rambut, terutama parfum yang berbahan dasar alkohol. Jika Anda tidak bisa berhenti menggunakan parfum di area rambut, pastikan Anda mengikuti tips berikut.

Alih-alih menyemprotkan parfum secara langsung ke rambut, cobalah untuk menyemprotkannya terlebih dahulu ke sisir. Setelah itu, gunakan sisir yang sudah disemprotkan parfum untuk menyisir rambut Anda. Dengan begini, kerusakan rambut akan terminimalkan.

2. Ketiak

Kulit ketiak mampu menyerap parfum dengan cepat sekaligus menahan aromanya untuk waktu yang lama bahkan sampai keesokan harinya.

Di sisi lain, menyemprotkan parfum secara langsung ke kulit ketiak berpotensi menimbulkan banyak masalah kesehatan, terutama jika Anda menggunakan parfum dengan bahan kimia yang mengiritasi.

3. Area kemaluan

Menyemprotkan parfum di dekat kemaluan bisa menyebabkan kulit di area tersebut menjadi kering.

Bagi wanita, parfum berisiko mengiritasi vagina dan menyebabkan peradangan, gatal, serta nyeri, menurut Insider Health.

Baca Juga: Sebelum Coba Retinol, Ketahui Dulu 5 Aturan Pemakaian Retinol yang Tepat Berikut Ini

4. Mata

Kulit di sekitar area mata terbilang sangat sensitif. Jadi, tidak heran jika menyemprotkan parfum di dekat atau langsung ke mata menjadi larangan besar.

Sisa parfum yang mungkin tertinggal di area mata (bahkan setelah mengering) rentan menyebabkan iritasi.

Parfum berbasis alkohol, khususnya, mengandung ethyl hingga 95%. Adapun kandungan ini dapat menyebabkan iritasi dan perih jika bersentuhan dengan area sensitif, seperti mata.

Itulah 4 titik tubuh yang harus dihindari saat menggunakan parfum. Alih-alih menyemprotkan parfum ke titik-titik di atas, sebaiknya Anda menyemprotkannya ke titik-titik nadi tubuh termasuk pergelangan tangan, leher, dan belakang lutut. Pasalnya, titik-titik nadi cenderung memancarkan panas dan tidak mengiritasi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News