HOME, Keluarga

4 Tips Sederhana yang Bisa Dilakukan oleh Para Ibu untuk Meningkatkan Kesehatan

4 Tips Sederhana yang Bisa Dilakukan oleh Para Ibu untuk Meningkatkan Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sebagai ibu, tentu Anda tidak boleh hanya berfokus pada kesehatan keluarga dan abai terhadap kesehatan diri sendiri. Pasalnya, saat Anda tidak menjaga kesehatan dengan baik, kesempatan bagi Anda untuk menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga pun akan semakin berkurang. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi bukan?

Jika Anda ingin selalu bugar supaya bisa terus terlibat dengan keluarga Anda, maka sudah saatnya bagi Anda untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan.

Untuk kesehatan Anda yang lebih baik, yuk biasakan untuk menerapkan 4 tips sederhana sebagaimana dilansir dari iMOM berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengobati Kutil di Tubuh Secara Aman dengan Bahan Alami

1. Lakukan kardio selama 5 menit sehari

Secara statistik, kardio selama 5 menit sehari dapat meningkatkan harapan hidup Anda lho Moms. Anggapan ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Cardiology.

Bahkan, kardio yang dilakukan dengan cara berlari selama 5-10 menit per hari dengan kecepatan lambat kurang dari 6 mil per jam telah dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang nyata dari semua penyebab dan penyakit kardiovaskular.

Selain berlari, Anda juga bisa melakukan kardio dengan cara berenang, menari, atau apapun yang bisa membuat tubuh Anda bergerak secara aktif setidaknya 5 menit setiap hari.

2. Meningkatkan iman

Dalam sebuah penelitian yang berlangsung selama 80 tahun, ditemukan bahwa wanita yang terlibat dalam kelompok agama cenderung hidup lebih lama.

Menurut penulis studi bernama Dr. Howard Friedman dalam tulisannya yang dipublikasikan di HuffPost, alasan mengapa wanita dalam kelompok agama cenderung hidup lebih lama yaitu karena adanya keterlibatan sosial dan pelayanan kepada orang lain yang sejalan dengan sikap religius.

Jadi, pastikan Moms senantiasa meningkatkan iman kepada Tuhan sekaligus berbuat baik kepada sesama manusia misalnya dengan cara membantu anak yatim atau kaum dhuafa jika ingin mengalami peningkatan kesehatan.

3. Hindari alkohol

Alkohol memengaruhi wanita secara berbeda daripada pria. Menurut Centers of Disease Control, wanita yang minum alkohol lebih dari satu gelas per hari dapat meningkatkan risiko kecelakaan kendaraan bermotor, cedera lainnya, tekanan darah tinggi, stroke, kekerasan, bunuh diri, dan jenis kanker tertentu.

Melihat dari banyaknya efek negatif yang dimiliki alkohol, maka sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari minuman yang tergolong keras ini terutama jika Anda sedang hamil. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran Anda sekaligus menjauhkannya dari berbagai penyakit mematikan.

Sebagai gantinya, minumlah air putih dengan lebih sering setidaknya 8 gelas per hari. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan suplemen vitamin (jika diperlukan). Dengan begini, kesehatan Anda pun akan membaik dan bahkan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

4. Ubah gaya berpikir Anda

Menurut Dr. Mike Evans di sebuah situs bernama White Board Med School, senjata terbesar manusia untuk melawan stres adalah kemampuan untuk memilih satu pemikiran yang benar-benar diperlukan. Itu artinya, Anda harus bisa melepaskan kekhawatiran atas banyak hal yang sebenarnya tidak penting untuk dipikirkan.

Cobalah untuk menaruh perhatian Anda pada hal-hal yang memang harus diprioritaskan. Tips ini dilakukan untuk mencegah overthinking yang mana sangat mampu mengikis kesehatan Anda secara perlahan. Tentu, Anda tidak mau pola tidur Anda menjadi berantakan, energi terkuras untuk hal-hal yang tidak perlu, dan produktivitas menurun akibat overthinking bukan?

Jadi, segera ubah gaya berpikir Anda mulai dari sekarang demi kesehatan Anda sendiri.

Nah, itu dia 4 tips sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk kesehatan yang lebih baik. Perlahan tapi pasti, Anda tentu akan merasakan manfaatnya jikalau keempat tips di atas Anda terapkan secara konsisten. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News