HOME, Keluarga

4 Tips Sederhana untuk Merawat Kesehatan Kulit Selama Puasa Ramadan

4 Tips Sederhana untuk Merawat Kesehatan Kulit Selama Puasa Ramadan

MOMSMONEY.ID - Merawat kulit selama ramadan sama pentingnya dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Selama bulan suci berlangsung, kulit mungkin membutuhkan perawatan tambahan mengingat bulan ramadan mengharuskan tubuh untuk tidak mendapatkan hidrasi dari fajar hingga matahari terbenam.

Jika Anda menginginkan kulit tetap sehat walaupun sedang berpuasa, pastikan Anda tidak melewatkan rutinitas skincare dasar yang mampu menunjang performa kulit. Tak sekadar itu, Anda juga perlu menerapkan 4 tips sederhana ini sebagai upaya ekstra untuk merawat kesehatan kulit selama puasa di bulan ramadan.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Tepat Memilih Serum Wajah untuk Kulit Kering

1. Kurangi konsumsi gula

Gula menyimpan efek negatif yang tidak ada habisnya bagi tubuh. Bagi kulit, gula mampu menimbulkan penuaan yang serius, menyebabkan jerawat, melemahkan sistem kekebalan, serta menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin pemicu keriput sekaligus kulit kendur.

Selama ramadan, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi hidangan manis saat sahur maupun berbuka jika menginginkan kulit tetap sehat hingga hari raya tiba. Sebaliknya, mempertahankan kebiasaan makan makanan manis berlebihan selama bulan puasa justru akan mengurangi efektivitas tubuh dalam melawan bakteri penyebab jerawat dan inflamasi.

2. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan

Panasnya sinar matahari tidak hanya bisa menyebabkan dehidrasi, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi stres. Jadi, saat cuaca panas menyerang, berusahalah untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Jika Anda harus beraktivitas di luar ruangan pada pagi atau siang hari, cobalah untuk menjangkau tempat yang teduh kapan pun Anda bisa. Jangan lupa juga untuk mengoleskan sunscreen sebelum Anda pergi ke luar rumah meskipun Anda hanya akan duduk di balkon atau taman.

Dengan tidak lupa menggunakan sunscreen, itu akan sekaligus mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan blue light dari gadget yang Anda gunakan.

3. Jadikan kacang-kacangan sebagai camilan

Termasuk superfood yang bagus untuk kulit, kacang-kacangan layak Anda masukkan ke dalam daftar camilan selama bulan ramadan.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti cashew dan almond memainkan peran besar dalam hal meremajakan kulit. Hal ini dikarenakan kacang mengandung persentase serat dan asam lemak yang besar.

4. Minum cukup air

Minum cukup air bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali bagi kulit. Di antara waktu berbuka dan sahur, minumlah air setidaknya 8 gelas.

Selalu ingat untuk minum air putih alih-alih minuman berkarbonasi atau tinggi gula seperti soda dan jus kemasan serta kafein seperti kopi. Pasalnya, minuman semacam itu dapat menyebabkan dehidrasi. Jika dehidrasi menyerang, kulit pun akan rentan bersisik, kasar, berjerawat, kusam, gatal-gatal, dan bahkan terasa nyeri.

Apabila Anda tidak suka minum air putih mengingat rasanya yang tawar, Anda bisa menambahkannya dengan potongan buah-buahan segar seperti lemon, mentimun, jeruk nipis, stroberi, blueberry, raspberry, atau nanas. Tak hanya terasa lebih nikmat, campuran buah-buahan dalam air putih yang Anda minum juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun, serta membuat tubuh terhidrasi tanpa perlu khawatir kalori akan bertambah.

Demikian 4 tips sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk merawat kesehatan kulit selama puasa di bulan ramadan. Selain mempraktikkan keempat tips di atas, jangan sampai lupa untuk tetap menerapkan basic skincare yaitu mencuci muka menggunakan facial wash sebanyak 2 kali sehari, mengoleskan pelembab, dan mengaplikasikan sunscreen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News