Santai

4 Tips Olahraga di Musim Hujan, biar Tetap Aman dan Sehat

4 Tips Olahraga di Musim Hujan, biar Tetap Aman dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Olahraga tentunya tak boleh terhalang cuaca dingin dan musim hujan. Berikut ini beberapa tips agar olahraga tetap aman di musim hujan.

Berolahraga merupakan aktivitas yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Walaupun cuaca tak menentu, melakukan olahraga ringan dan singkat tetap harus dilakukan.

Seperti belakangan ini, cuaca dingin dan musim hujan dirasakan di Indonesia.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Sehat Begadang Nonton Piala Dunia

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar olahraga di musim hujan seperti saat ini masih bisa dilakukan dengan rutin.

Lakukan pemanasan

Pemanasan merupakan kegiatan penting yang wajib dilakukan sebelum melakukan olahraga, terutama olahraga berat. Berbeda dengan saat di musim panas, pemanasan sebelum olahraga perlu dilakukan lebih lama saat musim dingin.

Melakukan dynamic warm up atau pemanasan dinamis juga bisa membantu untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, dan mengurangi resiko terkena cedera saat berolahraga.

Jangan lupa juga untuk melakukan pernafasan dengan benar melalui hidung, agar tetap bisa menjaga suhu hangat pada tubuh dan melembabkan udara saat olahraga.

Perbanyak minum

Cuaca yang dingin dapat membuat kulit maupun organ dalam tubuh menjadi kering dan kurang ter hidrasi. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak mengonsumsi cairan saat ingin tetap melakukan olahraga di musim hujan.

Melansir dari laman Mayo Clinic, seseorang bisa mengalami dehidrasi di musim dingin karena keringat dan juga kegiatan bernafas.

Tubuh juga akan lebih mudah merasa ingin kencing yang membuat tubuh menjadi dehidrasi dan kekurangan cairan.

Baca Juga: Jelang Hari AIDS Sedunia, Ketahui Beda HIV dan AIDS Berikut Ini

Lindungi bagian tubuh

Laman Everyday Health menjelaskan, area jari-jari, telinga, hidung, dan jari kaki merupakan bagian tubuh yang paling mudah mengalami pembekuan karena cuaca dingin di musim hujan.

Maka dari itu, ada baiknya untuk menggunakan topi, headband, sarung tangan, dan juga kaos kaki ketika melakukan olahraga saat musim hujan.

Tetap gunakan sunscreen

Hal lain yang tidak boleh ketinggalan untuk tetap dilakukan saat ingin berolahraga di musim hujan adalah tetap menggunakan sunscreen.

Sunscreen tetap diperlukan terutama jika melakukan olahraga di luar ruangan agar terhindar dari radiasi UVA dan UVB. Sebab, kulit juga masih dapat terbakar saat musim hujan sama saat dengan di musim panas.

Nah, itulah tadi beberapa tips aman berolahraga di musim hujan agar tubuh tetap bisa berolahraga dengan rutin dan terhindar dari cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News