4 Tips Nutrisi untuk Seks yang Lebih Baik, Terapkan Mulai Sekarang

Reporter: Ana Risma
Selasa, 24 Januari 2023 | 22:00 WIB
4 Tips Nutrisi untuk Seks yang Lebih Baik, Terapkan Mulai Sekarang


MOMSMONEY.ID - Terapkan mulai sekarang, ini 4 tips nutrisi untuk seks yang lebih baik.

Dorongan seks dapat terbantu dengan memiliki pikiran yang aktif dan tubuh yang sehat. Nah, untuk memiliki pikiran yang aktif dan tubuh yang sehat, maka Anda wajib menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Berbicara tentang pola makan sehat, ada beberapa tips nutrisi yang tidak boleh Anda lewatkan jika menginginkan kehidupan seks yang senantiasa bergairah.

Melansir The Healthy, berikut 4 tips nutrisi untuk seks yang lebih baik:

Baca Juga: 5 Essential Oil untuk Meningkatkan Gairah Seks yang Layak Pasutri Coba

1. Kurangi lemak jenuh

Asupan tinggi lemak jenuh berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol darah dan penumpukan plak lemak aterosklerotik pada pembuluh darah di sekitar jantung. Plak serupa juga bisa berkembang di banyak pembuluh darah kecil area penis. Tanpa sirkulasi yang mengalir bebas, penis tidak dapat secara fisik menanggapi pesan dari dorongan seks.

Ketika pria mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, mereka tidak akan mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung dan menyeimbangkan hormon serta mendukung aliran darah ke penis. Adapun nutrisi penting ini meliputi arginine, zinc, dan vitamin B yang dibutuhkan untuk mengalami ereksi.

Pada akhirnya, kekurangan ketiga nutrisi tersebut berisiko merusak kadar hormon seperti testosteron.

2. Konsumsi vitamin E

Banyak ahli percaya bahwa fungsi seksual cenderung menderita tanpa adanya pasokan vitamin E yang baik.

Beberapa penelitian kecil termasuk penelitian di jurnal Advances in Integrative Medicine pada tahun 2019, menemukan bahwa pria dengan disfungsi ereksi yang mengonsumsi suplemen berbahan vitamin E dan ginseng selama 6 minggu mengalami perbaikan kondisi dibandingkan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Banyak ditemukan dalam minyak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau, vitamin E tidak secara langsung berkaitan dengan fungsi seksual namun merupakan sebuah penanda, menurut sebagian besar penelitian. Jika kadar vitamin E Anda rendah, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah malabsorpsi lemak (tidak dapat mencerna atau menyerap lemak) yang bisa memengaruhi fungsi seksual.

Baca Juga: 5 Aroma Parfum Pria untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri, Nomor 3 Paling Populer

3. Cukupi asupan zinc

Tinjauan studi yang diterbitkan tahun 2018 di Journal of Reproduction & Infertility menunjukkan bahwa zinc sangat penting untuk kesuburan terutama pada pria. 

Untuk memastikan Anda mendapatkan asupan zinc yang cukup, Anda bisa mengonsumsi tiram, daging merah, atau daging ayam.

Sumber zinc lainnya yang bisa jadi pilihan adalah kacang-kacangan, seafood seperti kepiting dan lobster, biji-bijian utuh, sereal fortifikasi, serta produk susu.

4. Makan makanan kaya flavonoid

Flavonoid merupakan senyawa yang ditemukan dalam makanan dan minuman nabati. Sebuah studi terhadap 50.000 pria yang diterbitkan pada tahun 2016 di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya flavonoid dapat meningkatkan fungsi ereksi.

Dari beberapa jenis flavonoid yang ada, para peneliti menemukan bahwa tiga di antaranya yakni antosianin, flavanon, dan flavon memiliki manfaat terbesar.

Ketiga jenis flavonoid tersebut terkandung di dalam blueberry, blackberry, stroberi, ceri, anggur, apel, pir, dan jeruk.

Sekian informasi tentang 4 tips nutrisi untuk seks yang lebih baik. Selain menerapkan keempat tips nutrisi di atas, jangan lupa juga untuk membatasi konsumsi alkohol dan rokok karena bisa memengaruhi fungsi seksual pria maupun wanita. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Selanjutnya: Gencar Diversifikasi, Indika Energy Akuisisi 46% Saham Natura Aromatik Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER