HOME, Santai

4 Tips Mudah Gunakan Retinol bagi Pemula, Coba Praktekkan Yuk!

4 Tips Mudah Gunakan Retinol bagi Pemula, Coba Praktekkan Yuk!

MOMSMONEY.ID - Retinol merupakan salah satu kandungan skincare yang memiliki manfaat dan hasil memuaskan bagi para penggunanya.

Laman Style Caster menjelaskan bahwa produk retinol dapat membantu untuk menjaga elastisitas kulit, keriput, dan juga noda hitam di wajah.

Namun, perlu diketahui bahwa retinol juga bisa menimbulkan efek yang beragam ketika digunakan. Maka itu beberapa tips berikut ini dapat digunakan bagi para pemula yang ingin mencoba menggunakan retinol.

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Kandungan Glycolic Acid untuk Wajah

Gunakan formula ringan

Pemula yang ingin menggunakan produk retinol sebaiknya menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol yang rendah. Hindari menggunakan retinol langsung dengan formula yang keras dan dengan kandungan tinggi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cobalah untuk menggunakan retinol dengan kandungan rendah terlebih dahulu secara rutin untuk membiasakan kulit dengan kandungan tersebut. Dengan begitu kulit dapat terhindar dari iritasi dan kerusakan yang diakibatkan oleh dosis tinggi retinol.

Gunakan secara bergantian

Laman Marie Claire menjelaskan bahwa bagi pemula yang ingin menggunakan retinol, ada baiknya untuk memberikan jeda penggunaannya. Pertama-tama gunakan retinol satu kali dalam seminggu, jika dirasa tidak ada efek berlebih maka tingkatkan intensitasnya.

Gunakan dua kali dalam seminggu selama dua minggu dan seterusnya hingga kulit menjadi terbiasa untuk menggunakan retinol setiap hari. Retinol dapat memberikan hasil maksimal jika digunakan secara rutin.

Baca Juga: Anti Ribet! Ini 6 Tips Makeup Natural yang Simple dan Pas untuk Sehari-Hari

Perhatikan ukuran

Ukuran dalam menggunakan retinol sebagai skincare juga harus diperhatikan. Jangan menggunakan retinol dengan ukuran terlalu banyak.

Menggunakan retinol sebaiknya digunakan dengan ukuran yang sedikit saja pada malam hari. Jika dalam bentuk serum, gunakan tiga hingga empat tetes retinol pada seluruh wajah dengan merata. Namun jika dalam bentuk krim maka gunakan dengan ukuran sedikit untuk dengan merata ke seluruh wajah.

Gunakan pelembab dan sunscreen

Setelah menggunakan retinol, ada baiknya untuk melengkapi rangkaian skincare dengan menggunakan pelembab setelahnya. Pelembab dapat membantu kulit agar terhindar dari iritasi dan efek samping penggunaan retinol.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada pagi harinya. Retinol adalah kandungan yang bekerja pada sel kulit layaknya eksfoliator. Maka dari itu penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak proses peremajaan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News