CLOSE [X]
ads

4 Tips Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat

Reporter: Ana Risma
Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB
4 Tips Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat

ILUSTRASI. 4 Tips Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat


MOMSMONEY.ID - Setiap pasangan suami istri tentu mendambakan hubungan pernikahan yang manis, langgeng, dan sehat. Namun, pernikahan yang sehat akan selamanya menjadi dambaan jika masing-masing pihak tidak mau bekerja keras untuk mewujudkannya.

Meski sulit, bukan berarti pernikahan yang sehat tidak bisa Anda dapatkan sama sekali lho Moms.

Sebagai referensi, berikut MomsMoney bagikan 4 tips menjaga hubungan pernikahan tetap sehat sebagaimana dilansir dari iMOM.

Baca Juga: Yuk, Kenali Ciri-Ciri Furnitur yang Aman untuk Anak!

1. Tunjukkan empati kepada pasangan Anda

Empati berarti mau mendengarkan demi memahami pasangan Anda. Dalam pernikahan yang sehat, empati menjadi salah satu hal mutlak yang harus ada. Dengan berempati, itu artinya Anda bersedia mengesampingkan kepentingan pribadi dan rela menawarkan cinta sekaligus dukungan tanpa syarat kepada pasangan Anda.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu tertarik dengan perasaan pasangan Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk memvalidasi bagaimana perasaan pasangan Anda tanpa menggebu-gebu hanya untuk mencoba memperbaikinya. Pasalnya, terkadang seseorang hanya butuh didengarkan alih-alih dihujani dengan kata-kata bijak.

2. Bagikan perasaan Anda

Jika Anda ingin pasangan Anda berempati sekaligus memvalidasi apa yang sedang Anda rasakan, maka jangan ragu untuk membagikan perasaan Anda dengannya.

Sering kali, pasangan dalam pola pernikahan yang tidak sehat berhenti untuk membuka diri masing-masing tentang emosi maupun kebutuhan mereka. Akibatnya, terciptalah jarak dan keintiman yang kurang.

Nah, supaya pernikahan Anda jauh dari kata tidak sehat, maka Anda dan pasangan harus merasa aman untuk mengekspresikan emosi apapun kepada satu sama lain.

3. Saling memberi kebebasan

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan hubungan pernikahan yang sehat adalah dengan menghargai pasangan apa adanya dan mendorong ia untuk tumbuh dalam identitas pribadinya.

Selain itu, penting juga bagi Anda dan pasangan untuk saling memberi kebebasan dan membuat pilihan sendiri guna mengembangkan diri. Ketika Anda dan pasangan saling percaya serta tidak mencoba untuk mengendalikan satu sama lain dengan emosi pribadi, niscaya pernikahan Anda akan berjalan penuh keharmonisan.

4. Bersenang-senang bersama

Menjadi kekanak-kanakan sesekali dan memberikan ruang dalam hidup untuk bermain serta berbagi kegembiraan bersama pasangan adalah metode yang ampuh untuk membuat pernikahan Anda menjadi sehat.

Tak perlu terlalu serius, luangkanlah waktu Anda untuk berduaan bersama pasangan dengan melakukan berbagai hal sederhana guna memulihkan koneksi satu sama lain. Pilih kegiatan yang Anda dan pasangan sukai sedari dulu dan lakukanlah kembali di masa sekarang. Anda bisa menyisihkan waktu satu kali dalam seminggu untuk kencan romantis atau menjelajah alam bersama pasangan untuk merelakskan tubuh dan pikiran sekaligus meningkatkan hormon oksitosin.

Moms, itulah 4 tips yang bisa Anda coba untuk menjaga hubungan pernikahan tetap sehat dan senantiasa romantis bersama pasangan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER