HOME, Keluarga

4 Tips Mengombinasikan Ragam Gaya Interior di Satu Ruangan

4 Tips Mengombinasikan Ragam Gaya Interior di Satu Ruangan

MOMSMONEY.ID - Ketika melihat-lihat katalog interior atau foto-foto interior rumah di media sosial, mungkin Anda menyadari bahwa ada berbagai gaya interior yang bisa dipilih untuk menonjolkan karakter di suatu hunian.

Biasanya, suatu hunian disarankan untuk menggunakan satu gaya interior saja supaya terlihat serasi dan enak dipandang. Nah, bagaimana jika ingin menggabungkan atau mengombinasikan beberapa gaya interior sekaligus?

Untungnya, mengombinasikan beberapa gaya interior sekaligus bukanlah hal yang mustahil. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya rumah Anda tetap terlihat cantik dan tidak memberi kesan norak.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengombinasikan gaya-gaya interior tersebut? Dirangkum dari The Spruce dan MyMove, berikut tipsnya.

Usahakan seimbang

Keseimbangan merupakan kunci supaya berhasil mengombinasikan beberapa gaya interior sekaligus. Untuk menghadirkan keseimbangan tersebut, Anda bisa mencoba perbandingan 80/20. Artinya, gunakan satu gaya sebesar 80% sehingga menjadi gaya utama di suatu ruangan, dan gunakan 20% sisanya untuk gaya lain.

Gunakan gaya utama sebagai panduan dalam pilihan warna, furnitur, hingga pencahayaan yang akan digunakan di ruangan tersebut. Lalu, gunakan sisanya sebagai aksen yang bisa menghidupkan suasana di suatu ruangan supaya tidak membosankan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Slow Cooker yang Praktis untuk MPASI, Daging, dan Aneka Sup

Gunakan pola yang senada

Beberapa gaya biasanya memiliki warna dan pola yang mirip. Jika gaya-gaya yang ingin Anda gunakan di suatu ruangan kebetulan memiliki motif yang hampir sama, coba kombinasikan motif-motif tersebut untuk membuat interior rumah yang serasi.

Selain membuat interior rumah terlihat serasi, menggunakan pola yang senada juga akan menghindarkan rumah dari kesan yang berantakan dan ramai. Hasilnya, rumah pun akan terlihat lebih enak dipandang.

Batasi penggunaan warna

Sama seperti motif dan pola, beberapa gaya interior kadang memiliki kombinasi warna-warna khas yang mirip pula. Hal ini pun bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kesan yang nyambung dan serasi.

Namun, jika dua gaya yang ingin Anda gunakan cukup bertolak belakang, pastikan Anda membatasi warna-warna yang akan digunakan. Sebaiknya, gunakan kombinasi warna yang disukai supaya Anda tetap betah berada di rumah.

Dengan menggunakan warna yang terbatas, interior rumah   tetap akan terlihat serasi walaupun menggabungkan gaya-gaya yang berbeda.

Baca Juga: Membandingkan Kasur Busa vs Kasur Spring Bed

Tambahkan titik fokal

Saat mendekorasi rumah dengan gaya-gaya yang berbeda, mungkin Anda pernah menemukan satu atau dua barang yang terlihat aneh dan kurang cocok untuk dipajang di rumah, seperti hiasan atau furnitur tertentu.

Jangan disembunyikan, tapi cobalah untuk memanfaatkannya sebagai titik fokal atau focal point. Titik fokal berfungsi untuk menarik fokus atau perhatian seseorang ketika berada di ruangan tersebut, sehingga membuat interior rumah makin unik dan menarik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan mengombinasikan beberapa gaya interior di suatu ruangan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News