HOME, Keluarga

4 Tips Menggunakan Batu Alam di Kamar Mandi untuk Kesan Natural

4 Tips Menggunakan Batu Alam di Kamar Mandi untuk Kesan Natural

MOMSMONEY.ID - Batu alam merupakan salah satu material bangunan yang banyak digunakan untuk menghadirkan kesan natural di suatu hunian.

Nah, jika Anda ingin menghadirkan suasana alam di kamar mandi, maka penggunaan batu alam adalah cara yang tepat. Di kamar mandi, batu alam bisa dihadirkan dalam bentuk ubin lantai, dinding, hingga bahan untuk wastafel.

Supaya kamar mandi terlihat cantik sekaligus nyaman digunakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan batu alam di kamar mandi. Dirangkum dari The Spruce, Salvatori, dan Daltile, berikut tipsnya untuk Anda.

Pilih jenis batu yang tepat

Jenis batu alam yang bisa digunakan di kamar mandi cukup beragam, mulai dari batu slate, marmer, hingga granit. Jadi, pastikan Anda memilih jenis batu alam yang sesuai dengan selera.

Selain itu, Anda juga perlu menentukan apakah batu alam yang dipilih akan sesuai dengan kesan yang diinginkan di dalam kamar mandi.

Baca Juga: Minim Sampah, Ini 5 Ide Memanfaatkan Sisa Kulit Jeruk dan Lemon di Rumah

Jika Anda ingin tampilan kamar mandi yang natural sekaligus mewah, penggunaan batu marmer atau granit dengan warna putih atau hitam dapat menjadi pilihan. Untuk kesan yang raw dan alami, coba gunakan batu alam slate yang berwarna abu-abu.

Tentukan jenis permukaannya

Jika akan menggunakan batu alam sebagai ubin lantai dan dinding, ada baiknya Anda memilih batu alam dengan permukaan yang tepat. Sebab, hal ini akan menentukan kenyamanan Anda di kamar mandi sekaligus tingkat kesulitan dalam perawatannya.

Batu alam dengan permukaan yang kasar akan cocok digunakan untuk lantai kamar mandi (terutama pada area shower), tapi akan sulit dibersihkan. Sementara itu, batu alam dengan permukaan halus lebih cocok untuk dinding, tapi lebih mudah dibersihkan.

Pastikan diberi pelapis

Batu alam termasuk material yang berpori. Artinya, bahan ini akan mudah menyerap air sehingga perlu diberi bahan pelapis khusus.

Oleh karena itu, pastikan batu alam yang terpasang di kamar mandi diberi bahan pelapis untuk mencegah batu mudah lapuk. Setelahnya, jangan lupa untuk mengulangi proses pelapisan minimal setahun sekali.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Kayu!

Kombinasikan dengan elemen lainnya

Ingin menghadirkan kesan kamar mandi yang tradisional sekaligus rustic? Coba kombinasikan batu alam dengan elemen alam lainnya, misalnya kayu.

Pada dasarnya, kayu mungkin terdengar kurang cocok diaplikasikan di kamar mandi karena sifatnya yang sensitif terhadap air dan kelembapan.

Solusinya, Anda bisa menggunakan ubin keramik atau wallpaper khusus kamar mandi bermotif kayu. Atau, gunakan pernak-pernik kamar mandi berbahan kayu seperti tatakan sabun, lemari obat, hingga rak ambalan.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat Anda akan menggunakan batu alam di kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News