HOME, Keluarga

4 Tips Mengganti Popok Bayi Selama Perjalanan

4 Tips Mengganti Popok Bayi Selama Perjalanan

MOMSMONEY.ID - Frekuensi minum ASI yang cukup tinggi bisa menyebabkan si kecil buang air lebih sering. Maka tidak heran jika popoknya menjadi mudah penuh, kotor, dan harus segera diganti secara berkala.

Mungkin, agenda mengganti popok anak tidak terasa terlalu berat ketika Anda berada di rumah saja ya, Moms. Namun, apa jadinya jika kegiatan wajib yang satu ini harus Anda lakukan di tengah perjalanan?

Tak perlu khawatir, karena MomsMoney akan membagikan tipsnya. Inilah 4 tips mengganti popok bayi selama perjalanan sebagaimana dilansir dari laman johnsonsbaby.co.id.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Cara untuk Mengatasi Biduran pada Anak

1. Simpan keperluan popok si kecil dalam tas khusus

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk menyiapkan segala keperluan popok si kecil dengan teliti. Guna memudahkan Anda, sangat disarankan untuk menyimpan keperluan popok anak dalam satu tas tersendiri.

Selain popok bersih, Anda juga harus menyiapkan baby powder, handuk yang lembut, baju ganti anak, tisu basah khusus bayi, dan kantong plastik besar untuk tempat popok kotor.

Setelah semuanya tertata rapi di dalam tas, jangan lupa untuk meletakkan tas tersebut di dekat Anda dan si kecil ya Moms.

2. Ganti popok secara berkala

Selalu ingat untuk rutin mengecek kondisi popok si kecil guna memastikan kulit bayi Anda tetap kering. Pasalnya, popok anak bisa saja dipenuhi kotoran dan air seni tanpa Anda sadari.

Sebaiknya, gantilah popok si kecil minimal 2-3 jam sekali dan sebelum atau sesudah Anda memberikannya ASI. Langkah ini penting dilakukan terutama jika perjalanan yang ditempuh memakan waktu lebih dari 2 jam.

Pada saat mengganti popok, taburkanlah baby powder secukupnya pada bagian lipatan paha dan pantat anak menggunakan spons yang lembut supaya kulitnya tidak mudah lembab. Hindari menaburkan baby powder pada area kemaluan serta hidung dan mulut anak agar butiran bedak yang halus tidak terhirup atau masuk ke dalam mulut anak.

3. Berikan anak mainan saat Anda mengganti popoknya

Perjalanan yang ditempuh selama berjam-jam sering kali membuat si kecil rewel. Supaya proses mengganti popok anak berjalan lancar selama perjalanan, cobalah untuk memberikan si kecil mainan yang mudah digenggam. Cara ini berguna untuk memberikan hiburan sekaligus mengalihkan perhatian anak.

Dengan begini, anak akan sibuk dengan mainannya sementara Anda bisa menyelesaikan proses mengganti popok dengan lebih cepat.

4. Ganti pakaian anak setelah mengganti popok

Usai mengganti popok, alangkah baiknya Anda juga mengganti pakaian anak dengan pakaian baru yang masih bersih terutama ketika ia berkeringat. Ini dilakukan untuk menjaga kulit anak tetap kering dan terbebas dari bakteri penyebab berbagai permasalahan kulit.

Jadi, bawalah beberapa potong pakaian ganti anak yang tentunya nyaman dan mudah untuk dipakaikan setelah mengganti popok.

Demikian 4 tips mengganti popok bayi selama perjalanan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News