HOME, Keluarga

4 Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi, Udara Jadi Segar!

4 Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi, Udara Jadi Segar!

MOMSMONEY.ID - Sebagai area yang digunakan untuk membersihkan diri, tak heran bila kamar mandi menjadi tempat menumpuknya berbagai bau yang kurang sedap.

Jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu kenyamanan anggota keluarga atau tamu yang sedang menggunakan kamar mandi.

Jadi, supaya kamar mandi selalu terasa segar dan nyaman digunakan, bau tidak sedap tersebut perlu diminimalisir dan dihilangkan. Jangan khawatir, caranya cukup mudah, kok.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi di Rumah

Yuk, simak tips berikut ini untuk mengetahui cara mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi!

Bersihkan kamar mandi secara rutin

Salah satu cara termudah untuk mencegah sekaligus mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi adalah dengan membersihkan kamar mandi.

Dikutip dari Bobvila, bau tidak sedap dapat menumpuk seiring waktu layaknya debu dan kotoran. Supaya bau-bauan tersebut tidak semakin menumpuk, Anda perlu membersihkan kamar mandi secara rutin dan menyeluruh, mulai dari membersihkan kloset, lantai, bak mandi, hingga permukaan kamar mandi lainnya.

Perbaiki sirkulasi udara

Selanjutnya, periksa apakah sirkulasi udara di kamar mandi sudah mengalir dengan lancar. Sebab, sirkulasi udara yang baik dapat membantu meminimalisir bau tidak sedap di kamar mandi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan sirkulasi udara di kamar mandi, seperti membuka jendela, membiarkan pintu terbuka saat kamar mandi sedang tidak digunakan, hingga memasang exhaust fan.

Baca Juga: 5 Produk Pembersih Rumah yang Tidak Boleh Dicampur, Bahaya untuk Kesehatan!

Gunakan penyegar udara

Jika Anda menginginkan solusi yang cepat dan praktis untuk menyingkirkan bau tidak sedap di kamar mandi, cukup gunakan air freshener atau penyegar udara.

Namun, dilansir dari The Spruce, air freshener bukanlah solusi utama untuk menyingkirkan bau tidak sedap, sehingga jangan bergantung pada keberadaan benda tersebut.

Jika Anda menggunakan penyegar udara model semprot, gunakan penyegar udara secukupnya dan hindari menyempotkan cairan terlalu banyak agar tidak menimbulkan gangguan pernapasan.

Baca Juga: Mengenal Tanda-Tanda Kualitas Udara yang Buruk di Rumah, Yuk Waspada!

Hindarkan dari kelembapan

Kelembapan udara merupakan salah satu penyebab utama adanya bau tidak sedap di kamar mandi.

Kelembapan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti handuk basah yang dibiarkan begitu saja di dalam kamar mandi. Handuk yang basah ini dapat menimbulkan kelembapan yang memicu kemunculan jamur dan lumut, sehingga menimbulkan bau apek yang tidak sedap.

Oleh karena itu, pastikan Anda menghindarkan kamar mandi dari kelembapan. Keringkan handuk dan barang-barang lainnya di luar ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik, dan jaga kelancaran sirkulasi udara di kamar mandi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News