Keluarga

4 Tips Mendesain Kamar Mandi yang Tampak Bersih dan Mudah Dibersihkan

4 Tips Mendesain Kamar Mandi yang Tampak Bersih dan Mudah Dibersihkan

MOMSMONEY.ID - Dibandingkan ruangan lainnya, kamar mandi termasuk ruangan yang paling mudah kotor di rumah. Tak heran, sebab fungsi utama kamar mandi adalah sebagai tempat membersihkan diri.

Selain mudah kotor, kamar mandi juga rentan menjadi sarang penyebaran berbagai kuman, bakteri, serta virus. Oleh karena itu, kamar mandi wajib bersih supaya penghuni rumah bisa membersihkan diri dengan aman dan nyaman.

Tahukah Anda, ternyata kamar mandi bisa didesain supaya terlihat lebih bersih dan jauh lebih mudah dibersihkan? Untuk mewujudkan kamar mandi seperti itu, ada beberapa trik sederhana yang bisa digunakan.

Penasaran apa saja trik yang dimaksud? Dilansir dari Homes to Love, Houzz, dan Drench.co.uk, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tips Merawat Furnitur Outdoor Supaya Awet, Coba Yuk!

Pilih keramik bermotif

Keramik dengan warna polos sangat mudah terlihat kotor karena menonjolkan berbagai kotoran yang menempel di permukaannya.

Supaya kamar mandi Anda tidak mudah terlihat kotor, coba pertimbangkan untuk memasang keramik bermotif, terutama pada bagian lantai dan setengah bagian bawah dinding.

Motif pada keramik akan mengalihkan perhatian Anda supaya tidak berfokus pada kotoran di keramik, sehingga memberi kesan kamar mandi yang bersih.

Pasang keramik pada dinding kamar mandi

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, usahakan untuk memasang keramik pada dinding kamar mandi jika Anda menginginkan kamar mandi yang terlihat bersih sekaligus mudah dibersihkan.

Mengapa? Pasalnya, dinding kamar mandi yang dicat atau dibiarkan apa adanya justru akan lebih mudah kotor dan berjamur, serta sulit dibersihkan.

Dengan memasang keramik, dinding kamar mandi akan terlindungi dari kelembapan dan air, sehingga tidak mudah berjamur. Selain itu, dinding berkeramik juga lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga: Bikin Cepat Rusak, Ini Kesalahan Menggunakan Kulkas yang Harus Dihindari

Optimalkan ventilasi

Kamar mandi yang terbebas dari jamur dan lumut akan memberikan kesan bersih dan sehat. Jadi, untuk menghindari kemunculan keduanya, hal yang harus dilakukan adalah mengontrol kadar kelembapan di kamar mandi.

Kadar kelembapan tersebut bisa dikontrol dengan berbagai cara, misalnya melalui penambahan jendela atau exhaust fan. Kedua hal tersebut bisa membantu melancarkan sirkulasi udara di kamar mandi, sehingga tidak mudah lembap dan berjamur.

Gunakan perlengkapan kamar mandi dengan desain minimalis

Shower, bathtub, bak mandi, kloset, hingga keran yang berdesain minimalis tak hanya menawarkan kelebihan dari segi estetika atau tampilan, tapi juga dari segi fungsi dan kepraktisan.

Pasalnya, perlengkapan kamar mandi dengan desain yang rumit terkadang malah akan merepotkan penghuni rumah saat membersihkannya.

Misalnya, wastafel dan keran yang memiliki lekukan atau ukiran tertentu malah akan mudah terlihat kotor, tapi sulit dibersihkan karena lekukan dan ukiran tersebut kerap tidak bisa dijangkau. Sebaliknya, perlengkapan kamar mandi yang simpel dan minimalis akan jauh lebih mudah dibersihkan.

Itulah beberapa tips untuk mendesain kamar mandi yang terlihat bersih sekaligus mudah dibersihkan. Bagaimana, tertarik mengaplikasikannya pada kamar mandi di rumah Anda?

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News