4 Tips Menata Rumah Kecil Supaya Tetap Rapi dan Nyaman Ditempati

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 26 November 2021 | 11:47 WIB
4 Tips Menata Rumah Kecil Supaya Tetap Rapi dan Nyaman Ditempati

ILUSTRASI. Berikut tips mudah untuk menata rumah kecil supaya rapi. Foto: Instagram @acherno.design

MOMSMONEY.ID - Salah satu tantangan yang kerap dihadapi pemilik rumah kecil adalah menata dan menjaga interior rumah supaya terlihat rapi dan tidak sesak.

Hal ini wajar, sebab rumah kecil tidak memiliki banyak area yang bisa ditempati banyak barang. Jika terlalu banyak barang yang berceceran di rumah, rumah tentu akan terasa makin sempit dan tidak nyaman.

Nah, kira-kira bagaimana caranya untuk menata rumah kecil supaya tetap rapi dan nyaman ditempati? Dirangkum dari Real Simple, Clutter Keeper, dan Apartment Therapy, berikut tipsnya.

Baca Juga: 7 Tips Mendekorasi Rumah Supaya Terlihat Mewah, Tak Perlu Biaya Mahal!

Rapikan berdasarkan kategori

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menata rumah kecil adalah dengan merapikan barang-barang di rumah berdasarkan kategori-kategori tertentu.

Langkah ini dapat membantu Anda menyortir barang-barang di rumah sambil menentukan barang apa saja yang ingin disimpan. Selain itu, dengan merapikan barang berdasarkan kategori, Anda dapat menyimpan barang-barang tersebut dengan mudah nantinya.

Sementara itu, Anda dapat menentukan kategori barang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pisahkan barang pribadi dan sentimental dengan perlengkapan sehari-hari, pernak-pernik dekorasi rumah, buku-buku, dan masih banyak lagi.

Maksimalkan tempat penyimpanan di rumah

Karena rumah kecil memiliki ruang yang terbatas, Anda perlu memaksimalkan segala tempat penyimpanan di rumah.

Ada beberapa trik yang biasanya digunakan untuk memaksimalkan ruangan terbatas di rumah kecil. Misalnya, gunakan ruang penyimpanan secara vertikal untuk mengurangi penggunaan area lantai. Lalu, manfaatkan ruang kosong seperti kolong tempat tidur untuk menyimpan barang.

Anda dapat menggunakan kontainer atau boks khusus untuk menyimpan barang-barang kecil. Namun, daripada menggunakan satu boks besar untuk menampung semuanya, lebih baik gunakan beberapa boks kecil untuk memudahkan penyimpanan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Cat yang Bikin Rumah Terlihat Mewah, Yuk Coba!

Singkirkan barang-barang yang tidak terpakai

Supaya rumah kecil Anda selalu rapi, selalu lakukan decluttering atau merapikan barang-barang yang ada di rumah. Kurangi barang-barang yang berserakan di rumah dengan cara menyimpannya atau menyingkirkannya.

Pastikan di rumah Anda hanya ada barang-barang yang penting. Jika ada barang baru, pastikan Anda menyingkirkan barang lainnya supaya rumah tidak bertambah sesak.

Jika Anda ingin menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, pastikan Anda tahu di mana harus menyimpan barang tersebut tanpa membuat rumah makin berantakan.

Simpan barang-barang di tempat yang tepat

Salah satu kunci untuk menjaga kerapian rumah kecil adalah dengan menyimpan barang-barang di tempat yang tepat. Hindari menyimpan semua barang di satu tempat supaya rumah tidak terlihat berantakan.

Anda bisa membuat satu tempat penyimpanan khusus di setiap ruangan di rumah. Misalnya, simpan barang-barang pribadi di kamar tidur, simpan buku-buku di ruang keluarga, dan alat kebersihan di dekat kamar mandi.

Selanjutnya: Anak Susah Makan? Simak Resep Bikin Panda Bento Set yang Lucu dan Bergizi, Yuk!

Editor: Kania Paramahita
Terbaru