Keluarga

4 Tips Memilih Produk Makeup yang Aman untuk Kulit Acne-Prone

4 Tips Memilih Produk Makeup yang Aman untuk Kulit Acne-Prone

MOMSMONEY.ID - Simak tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone.  

Kulit acne-prone atau rentan berjerawat sering kali tidak bersahabat dengan makeup. Tak jarang, produk makeup mengandung formula yang berat serta bahan-bahan yang bisa memicu dan memperparah jerawat.

Bagi Anda yang memiliki kulit acne-prone tapi tetap ingin menggunakan makeup tanpa khawatir wajah semakin berjerawat, kali ini MomsMoney akan membagikan beberapa tips agar Anda tidak salah dalam memilih produk makeup.

Selengkapnya, berikut 4 tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone, dilansir dari Laser Clinics Australia.

1. Pilih produk makeup yang mengandung salicylic acid

Tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone pertama, yaitu memilih produk makeup yang mengandung salicylic acid.

Jika jenis kulit Anda adalah acne-prone, usahakan untuk menghindari foundation cair dengan formula yang berat. Pasalnya, foundation semacam ini dapat memerangkap kotoran dan minyak yang pada gilirannya rentan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kecuali, foundation tersebut mengandung salicylic acid. Salicylic acid akan membantu menghilangkan kemerahan dan peradangan akibat jerawat dengan cara membuka pori-pori.

Baca Juga: Lagi Cari Ide Bisnis Online? Ini Kategori Produk Paling Banyak Dicari di Tokopedia

2. Hindari produk makeup yang mengandung silicone atau mica

Tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone kedua, yaitu menghindari produk makeup yang mengandung silicone atau mica.

Mengingat pori-pori pada kulit acne-prone cenderung mudah tersumbat dan sensitif, maka penggunaan produk makeup dengan kandungan silicone atau mica patut dihindari.

Mengapa demikian? Ini karena silicone dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat. Sementara itu, mica memiliki partikel yang kasar sehingga bisa mengiritasi kulit yang mudah meradang.

3. Pastikan produk makeup memiliki formula non-comedogenic

Tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone ketiga, yaitu memastikan produk makeup memiliki formula non-comedogenic.

Kendati produk non-comedogenic tidak dapat mencegah timbulnya jerawat, namun formula ini tidak akan menyebabkan penyumbatan pori-pori yang kerap memicu komedo dan jerawat.

Dengan menggunakan produk makeup berlabel non-comedogenic, itu akan menjaga pori-pori Anda tetap bersih dari bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Berfungsi, Coba Ikuti Panduan Ini

4. Perhatikan kemasan produk

Tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone keempat, yaitu memerhatikan kemasan produk.

Kemasan sama pentingnya dengan formula yang terkandung di dalam produk makeup. Untuk para pemilik kulit acne-prone, sangat disarankan untuk memilih produk dengan kemasan berbentuk pump.

Pasalnya, produk makeup dengan kemasan pump dapat mencegah tangan menyentuh produk secara langsung. Juga, membatasi risiko perpindahan bakteri dari tangan ke wajah.

Demikian 4 tips memilih produk makeup yang aman untuk kulit acne-prone. Jangan lupa diterapkan agar jerawat tidak semakin banyak atau semakin parah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News