HOME, Keluarga

4 Tips Memilih Keramik Kamar Mandi yang Tepat, Simak!

4 Tips Memilih Keramik Kamar Mandi yang Tepat, Simak!

MOMSMONEY.ID - Keramik merupakan salah satu bahan ubin lantai dan dinding yang populer digunakan di kamar mandi Indonesia karena terjangkau dan mudah ditemui di mana-mana.

Keramik dinding dan lantai sendiri merupakan salah satu komponen yang wajib ada di kamar mandi. Selain berfungsi sebagai elemen dekoratif, keberadaan keramik pada dinding dan lantai kamar mandi dapat mencegah pengguna kamar mandi terpeleset dan mencegah kerusakan dinding akibat terkena air.

Karena itu, memilih keramik kamar mandi yang tepat membutuhkan ketelitian dan kecermatan tersendiri. Bila sembarangan memilih, kamar mandi tak hanya terlihat kurang menarik, namun juga tidak nyaman digunakan.

Dilansir dari familyhandyman.com dan Real Homes, berikut tips memilih keramik kamar mandi yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: Cantik dan Eyecatching, Berikut 4 Ide Keramik Dinding Dapur Motif Bunga

Pertimbangkan ukuran keramik

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih keramik adalah mempertimbangkan ukurannya.

“Aturan” dasarnya, pilihlah ukuran keramik yang sesuai dengan luas kamar mandi. Misalnya, jika Anda memiliki kamar mandi yang kecil dan sempit, pilihlah keramik berukuran kecil yang dapat memberi ilusi kamar mandi yang lapang.

Pilih warna netral dan cerah

Saat memilih warna keramik, ada baiknya Anda memilih warna yang netral dan cerah, misalnya putih, gading, abu-abu, atau coklat muda. Warna pastel seperti biru juga bisa digunakan.

Selain membuat kamar mandi terasa lapang dan cerah, keramik berwarna netral cenderung timeless sehingga penampilan kamar mandi Anda tidak mudah terlihat ketinggalan zaman.

Baca Juga: Inspirasi Teras Rumah Minimalis, Bikin Rumah Makin Impresif

Batasi penggunaan warna

Menggunakan lebih dari 1 warna dan motif untuk keramik kamar mandi boleh-boleh saja, misalnya untuk menambahkan aksen yang menarik di kamar mandi.

Namun, pastikan Anda menggunakan maksimal 3 warna dan motif yang berbeda supaya perpaduan warnanya tetap serasi dan nyaman dipandang. Jika warna dan motif keramik yang digunakan terlalu banyak, penampilan kamar mandi dapat terlihat “ramai” dan mencolok mata.

Perhatikan permukaan keramik

Karena keramik kamar mandi akan selalu berkontak dengan air, Anda perlu memastikan keramik kamar mandi yang Anda pilih memiliki permukaan yang dapat menahan gesekan saat basah.

Pilihlah keramik kamar mandi dengan permukaan yang sedikit kasar, terutama bila akan digunakan untuk lantai. Keramik dengan permukaan yang lebih halus bisa digunakan untuk keramik dinding karena minim kontak dengan pengguna kamar mandi.

Itulah 4 tips memilih keramik kamar mandi yang tepat untuk Anda. Semoga tips di atas berguna bagi Anda, ya. Selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: Inspirasi Tempat Tidur Besi untuk Kamar Tidur Bergaya Minimalis Hingga Vintage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News