Keluarga

4 Tips Membuat Anak Mau Mendengarkan Anda, Nomor 3 Paling Penting!

4 Tips Membuat Anak Mau Mendengarkan Anda, Nomor 3 Paling Penting!

MOMSMONEY.ID - Anak sering mengabaikan kata-kata Anda? Ini 4 tips membuat anak mau mendengarkan Anda.

Setiap orang tua tentu ingin anak-anaknya mendengarkan perkataan mereka. Tapi, terkadang keinginan tersebut tidak lebih dari sebuah keinginan mengingat tidak semua anak bisa mendengarkan orang tuanya dengan mudah.

Jika hal ini sedang terjadi pada Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya adalah mengevaluasi bagaimana cara berbicara Anda kepada anak.

Selanjutnya, ikutilah 4 tips membuat anak mau mendengarkan Anda yang dilansir dari Overcomers Counseling berikut ini.

Baca Juga: Ini 5 Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur ala Orang Jepang

1. Tetapkan diri Anda sebagai figur otoritas

Saat berbicara dengan anak-anak Anda, penting untuk menjadikan diri Anda sebagai figur otoritas. Ini tidak berarti Anda harus menjadi pendisiplin yang ketat sepanjang waktu. Melainkan, Anda harus jelas dan ringkas saat memberikan arahan atau ekspektasi kepada anak.

Jika Anda terus-menerus berteriak atau mengomel, anak cenderung akan mengabaikan Anda. Sebaiknya, cobalah bersikap tenang dan tegas tatkala berbicara dengan mereka.

2. Gunakan nada yang tenang dan positif

Salah satu hal terpenting saat berkomunikasi dengan anak adalah menggunakan nada yang tenang dan positif. Cara ini akan membantu anak mendengarkan apa yang Anda katakan dengan baik.

Kendati tampak seperti hal kecil, faktanya pemilihan nada suara dapat membuat perbedaan besar dalam penerimaan pesan.

Ketika Anda berbicara dengan nada yang tenang dan positif kepada anak, itu akan menunjukkan bahwa Anda mampu mengendalikan situasi dan membuat anak percaya pada apa yang Anda katakan. Plus, mendorong anak untuk melakukan hal yang sama.

3. Hindari berteriak atau berdebat

Anda mungkin tergoda untuk berteriak atau berdebat saat mencoba membuat anak mendengarkan Anda. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa berteriak atau berdebat sering kali kontraproduktif.

Alih-alih mendengarkan, anak lebih cenderung mengabaikan ketika mereka merasa sedang diteriaki. Sementara itu, berdebat dapat menciptakan suasana permusuhan yang menyulitkan untuk menemukan titik temu.

Baca Juga: Moms Bisa Coba, Cara Ini Efektif untuk Mencegah Keputihan yang Mengganggu

Dibandingkan harus meninggikan suara, cobalah untuk berbicara dengan nada tenang tanpa basi-basi. Ini akan membantu meredakan situasi dan membuat anak lebih mungkin mendengarkan apa yang Anda katakan.

Coba juga untuk menghindari perebutan kekuasaan dengan memastikan bahwa permintaan Anda masuk akal dan sesuai usia anak. Jika Anda bisa menemukan cara untuk tetap tenang dan menghindari konflik, kemungkinan besar Anda akan membuat anak mendengarkan apa yang Anda katakan.

4. Tetap fokus pada masalah yang ada

Saat Anda berkomunikasi dengan anak, penting untuk tetap fokus pada masalah yang sedang dihadapi. Artinya, Anda harus menghindari mengungkit masalah lain yang mungkin mengalihkan perhatian anak dari pokok pembicaraan.

Ingat juga untuk berbicara dengan jelas dan ringkas kepada anak. Ini akan membantu anak memahami apa yang Anda katakan dan memungkinkan mereka untuk menanggapinya dengan cara yang sopan dan pantas.

Demikian 4 tips membuat anak mau mendengarkan Anda. Selain menerapkan keempat tips di atas, pastikan juga Anda mengapresiasi perilaku baik anak dan menindaklanjuti konsekuensi jika mereka tetap tidak mau mendengarkan atau mematuhi kata-kata Anda ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News