HOME, Keluarga

4 Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran

4 Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran

MOMSMONEY.ID - Kembali ke rutinitas sehari-hari di rumah setelah kembali dari mudik lebaran memang bisa terasa memberatkan.

Di antara rutinitas tersebut, membersihkan rumah menjadi salah satu kegiatan yang perlu diprioritaskan. Pasalnya, rumah yang ditinggal mudik selama beberapa hari bisa saja kotor, sehingga kurang nyaman untuk ditempati.

Nah, supaya kegiatan bersih-bersih rumah setelah mudik lebaran tidak terlalu memberatkan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Tak Baik Bagi Kesehatan, Perhatikan 5 Tanda Anda Kebanyakan Duduk!

Segera cuci pakaian kotor

Ketika kembali dari bepergian seperti mudik lebaran, pastikan Anda segera membongkar isi tas bawaan. Mengutip laman Decortips.com, letakkan pakaian kotor di keranjang cucian dan simpan kembali pakaian yang masih bersih.

Jika memungkinkan, segera cuci pakaian kotor tersebut dengan mesin cuci. Jadi, sambil menunggu pakaian Anda selesai dibersihkan, Anda bisa mengerjakan pekerjaan lainnya atau beristirahat.

Ganti sprei di tempat tidur

Sepulang mudik lebaran, Anda mungkin ingin segera merebahkan diri dan beristirahat di atas tempat tidur. Nah, supaya istirahat terasa makin nyaman, ganti sprei di tempat tidur Anda dengan sprei yang masih baru dan bersih.

Supaya Anda tidak perlu mengganti sprei ketika sedang lelah sepulang bepergian, ada baiknya Anda mengganti sprei dan merapikan tempat tidur sebelum pergi meninggalkan rumah di kesempatan lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

Bersihkan lantai rumah

Setelah ditinggal berhari-hari, lantai rumah bisa saja terasa lebih kotor dan berdebu. Oleh karena itu, sempatkan untuk membersihkan lantai rumah sepulang mudik.

Melansir laman Clean Chaps, Anda bisa membersihkan furnitur atau tempat tidur terlebih dahulu, baru setelahnya menyapu lantai, menyedot debu dengan vacuum cleaner, dan mengepel lantai supaya lantai bersih sempurna.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Tanaman Sukulen untuk Dipelihara di Rumah

Buka jendela rumah

Terakhir, Anda bisa membuka pintu dan jendela rumah untuk membantu melancarkan aliran udara yang sempat “terkumpul” di rumah selama beberapa hari.

Selain membuat udara lebih segar, membuka pintu dan jendela juga dapat mengurangi tingkat kelembapan udara di rumah, sehingga meminimalisir risiko munculnya jamur dan bau apek di rumah Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan rumah setelah kembali dari mudik lebaran. Selamat mempraktikkan, dan semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News