Keluarga

4 Tips Membawa Kucing di Pet Carrier, Terhindar Dari Stres!

4 Tips Membawa Kucing di Pet Carrier, Terhindar Dari Stres!

MOMSMONEY.ID - Bagi pemilik hewan peliharaan seperti kucing, memiliki pet carrier alias keranjang hewan sudah menjadi hal yang wajib.

Pasalnya, pet carrier sangat memudahkan Anda untuk membawa si kucing bepergian dengan aman, misalnya saat akan pergi ke dokter hewan atau sekadar berjalan-jalan.

Walaupun terlihat sepele, nyatanya tidak semua kucing suka dimasukkan dan dibawa-bawa dengan pet carrier, lo. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi si pemilik kucing supaya kucingnya bisa menurut dan bisa masuk ke pet carrier dengan nyaman.

Sebagai pemilik kucing, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan supaya kucing peliharaan bisa merasa nyaman dan tidak mudah stres saat dimasukkan dan dibawa dengan pet carrier? Dikutip dari Hill’s Pet, PetMD, dan Bluecross UK, berikut tipsnya.

Baca Juga: Baru Pertama Kali Memelihara Kucing? Siapkan Perlengkapan Ini!

Jangan sembunyikan pet carrier

Supaya si kucing terbiasa dengan pet carrier, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan pet carrier di lokasi yang biasa dilewati atau dilihat kucing.

Anda bisa menempatkan pet carrier di rumah sepanjang waktu, atau beberapa jam sebelum menempatkan si kucing ke dalamnya. Biarkan pintu atau tutup pet carrier terbuka.

Dengan cara ini, si kucing bisa beradaptasi dengan keberadaan pet carrier sehingga tidak merasa asing. Jadi, jangan sembunyikan pet carrier di suatu tempat karena bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman dan asing pada si kucing.

Buat pet carrier nyaman

Selanjutnya, buatlah pet carrier supaya lebih nyaman ditempati si kucing. Jadi, mereka tidak akan mudah stres saat dibawa-bawa di dalamnya.

Pertama, alasi pet carrier dengan kain atau handuk yang biasa dipakai si kucing supaya mereka tidak merasa asing saat berada di dalam pet carrier. Keberadaan kain atau handuk sebagai alas juga akan membantu si kucing supaya tidak mudah tergelincir.

Jika kucing Anda kerap buang air saat merasa stres atau takut, Anda bisa menambahkan lapisan kertas koran, kain, atau handuk tambahan di dalam pet carrier supaya bisa menyerap kotorannya.

Baca Juga: 6 Manfaat Bermain Bersama Kucing Peliharaan, Apa Saja?

Tempatkan makanan atau mainan

Salah satu trik untuk membuat si kucing terbiasa dengan pet carrier adalah dengan menempatkan makanan kering atau mainan yang disukainya di dalam pet carrier tersebut.

Cobalah untuk membiasakan memberi makan sedikit-sedikit atau mengajaknya bermain di dalam pet carrier. Jadi, mereka akan mengasosiasikan pet carrier dengan kegiatan yang menyenangkan seperti makan dan bermain, sehingga akan terbiasa dengan keberadaan pet carrier.

Letakkan si kucing perlahan-lahan

Saat akan meletakkan kucing ke dalam pet carrier, selalu letakkan si kucing perlahan-lahan. Jika kucing Anda suka memberontak, coba bungkus si kucing dengan handuk atau kain, lalu angkat dan masukkan ke dalam pet carrier. Tutup segera supaya si kucing tidak kabur.

Sebelum benar-benar membawanya bepergian, Anda bisa “berlatih” membawa si kucing di dalam pet carrier. Angkat pet carrier pelan-pelan, lalu bawa berkeliling rumah beberapa kali. Jika si kucing gelisah, cobalah tenangkan mereka supaya cepat terbiasa.

Itulah beberapa tips untuk membawa kucing di pet carrier. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News