HOME, Keluarga

4 Tips Memasak Tumis Sayuran Supaya Matang Merata, Anti Gagal!

4 Tips Memasak Tumis Sayuran Supaya Matang Merata, Anti Gagal!

MOMSMONEY.ID - Ukuran sayur yang tak merata terkadang membuat tumis sayuran buatan Moms jadi tak sempurna. Pasalnya, ada beberapa sayuran yang terlalu matang, namun ada pula sayuran yang masih mentah.

Mau tahu bagaimana tips menumis sayuran agar matang secara merata? Melansir dari Palmia dan Master Class, simak yang berikut ini!

Baca Juga: Masakanmu Sering Basi? Ini 4 Trik Masak Makanan Bersantan Supaya Tak Mudah Basi

Teflon panas

Menumis Sayuran

Tips menumis sayuran yang pertama adalah dengan memastikan panci atau Teflon telah panas untuk bisa mencoklatkan warna sayur ataupun daging.

Caranya, cukup memercikkan air ke dalam Teflon tersebut. Apabila langsung berubah menjadi uap, artinya Teflon sudah siap digunakan untuk menumis.

Baca Juga: 3 Tips Memasak Sayuran Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

Beri sedikit minyak atau margarin

Untuk dapat menumis berbagai jenis makanan, termasuk sayuran, janganpernah melupakan minyak ataupun margarin.

Tumislah sayuran dengan menggunakan sedikit minyak agar sayuran dapat diaduk secara merata saat proses menumis sedang berlangsung.

Baca Juga: 5 Tahap Mencuci Sayuran untuk Hilangkan Kotoran Tanpa Hilangkan Kandungan Gizi

Ukuran sayuran

Sayuran

Ukuran sayuran juga dapat memengaruhi tingkat kematangan saat sedang menumis, loh!

Semakin merata ukuran sayuran, maka semakin mudah sayuran untuk matang secara merata. Jadi, jika Moms akan memasak segala jenis sayuran, pastikan untuk memotong dan menyesuaikan ukurannya terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: Cara Efektif Mensterilkan Botol Susu Bayi yang Bebas Bakteri, Moms Wajib Tahu!

Letak sayuran

Untuk memastikan sayuran matang merata saat proses menumis sedang berlangsung, pastikan bahwa ukuran Teflon dengan banyaknya sayuran yang ditumis benar-benar seimbang.

Moms wajib menghindari menumis sayuran terlalu banyak dalam wajan yang sempit karena akan membuat sayuran sulit untuk matang.

Selain itu, pastikan untuk selalu meletakkan sayuran pada posisi tengah Teflon/wajan. Jangan biarkan sayuran terlalu lama menempel pada sisi Teflon agar sayuran bisa matang merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News