HOME, Keluarga

4 Tips Memandikan Burung Peliharaan dengan Cara yang Menyenangkannya

4 Tips Memandikan Burung Peliharaan dengan Cara yang Menyenangkannya

MOMSMONEY.ID - Burung yang dipelihara tentu memerlukan perawatan untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah mandi. Meski ada beberapa burung yang menolak kontak dengan air, tapi pada umumnya mereka menikmati air di alam liar.

Burung perlu terkena air untuk menjaga kesehatan bulunya dan menyegarkan diri.

Aturan Mandi

Dilansir dari The Spruce Pets, cara terbaik untuk memandikan burung Anda adalah dengan air biasa.

Burung menghasilkan minyak khusus yang digunakan untuk merapikan bulunya dan minyak ini bisa hilang karena terkena sabun. Hal ini dapat mengakibatkan bulu menjadi tidak sehat.

Air yang digunakan pun tidak boleh terlalu panas atau dingin. Selalu periksa suhu air sebelum menawarkanya ke burung untuk mandi.

Baca Juga: Anjing Mengalami Halitosis? Ketahui Lebih Banyak Tentang Kondisi Ini

Memandikan burung juga harus dilakukan saat siang hari atau saat cuaca masih panas. Ini akan memberikan kesempatan burung untuk benar-benar mengeringkan bulunya sebelum suhu menurun menjelang malam.  

Cara Memandikan Burung

Ada beberapa pilihan mandi berbeda yang dapat dicoba oleh pemilik untuk mencari tahu apa yang bisa dinikmati oleh burung mereka.

Dengan bereksperimen, Anda akan menemukan cara yang tepat yang bisa dinikmati burung peliharaan Anda. Berikut beberapa cara di antaranya.

Kabut dengan Air

Ini adalah cara umum yang dilakukan untuk memandikan burung. Caranya, ada menyemprotkan air dengan alat khusus yang menciptakan kabur air ringan ke arah burung.

Semprotan air ini akan membantu menghidrasi kembali rongga hidung burung dan membersihkan bulu mereka. Pastikan air yang digunakan adalah air yang bersih dan tidak ada residu kimia yang dapat meracuni burung.

Baca Juga: Ternyata Dengkuran Si Kucing Punya Manfaat untuk Dirinya Sendiri, lo!

Sediakan Daun Selada Basah

Burung yang lebih kecil lebih suka berguling-guling di atas dedaunan yang basah. Maka, Anda cukup menyediakan pakan sayuran yang telah dicuci, tetapi Anda tidak perlu mengeringkannya.

Burung kecil mungkin akan bermain-main di balik dedaunan sayuran dan menikmati air dingin yang tersisa. Ini adalah cara mandi yang menyenangkan.

Mandi di Wastafel

Burung suka bermain dan berendam di dalam air kolam yang tenang. Anda dapat membuat yang serupa di wastafel Anda.

Anda dapat mengisi wastafel dengan air bersih hangat dan cobalah mengarahkan burung kecil Anda untuk menghampiri wastafel di telapak tangan Anda.

Bila burung menyukainya, mereka akan turun dari tangan Anda untuk mandi. Paling penting, Anda tidak memaksakan burung untuk mandi.

Mandi Bersama

Sebagai makhluk sosial, burung menikmati mandi bersama-sama. Anda dapat menyediakan kolam kecil di dalam kandangnya, sehingga burung-burung peliharaan dapat membasahi diri mereka bersama-sama.

Burung juga tidak menolak untuk mandi bersama Anda di bawah shower. Namun, ini perlu dilakukan dengan hati-hati (tidak memaksa) dan penuh kesabaran karena Anda perlu mengenalkan mereka tentang kamar mandi.

Anda dapat menempatkan brung di lantai bilik pancuran atau bak mandi untuk menjaga burung agar tidak terjatuh dari tempat bertengger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News