HOME, Keluarga

4 Tips Kecantikan ala India yang Bisa Anda Coba di Rumah

4 Tips Kecantikan ala India yang Bisa Anda Coba di Rumah

MOMSMONEY.ID - Selain terkenal dengan film dan kulinernya, India juga memiliki rahasia kecantikan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Tentunya, rahasia kecantikan ala India bebas bahan kimia, ramah untuk kulit maupun rambut, bersifat organik, murah, dan nyaman untuk digunakan.

Apabila Anda tertarik untuk mencoba tips kecantikan ala India, berikut 4 rekomendasinya yang patut Anda praktikkan di rumah sebagaimana dilansir dari ManipalHospitals.

1. Manfaatkan neem untuk mengatasi jerawat

Daun Neem

Memiliki nama ilmiah Azadirachta indica, neem atau disebut juga dengan daun mimba dapat dijumpai dengan mudah di India. Tanaman ini dapat secara alami dan efektif menghilangkan masalah jerawat dengan menggunakannya setiap hari. Bahkan, neem juga bisa membantu mengobati infeksi kulit atau luka ringan berkat sifat antibakterinya.

Baca Juga: Patut Dihindari, 5 Bahan Ini Sebaiknya Tidak Anda Gunakan pada Kulit Wajah

Pertama-tama, hancurkan daun neem segar secukupnya hingga berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta neem ke seluruh wajah Anda layaknya Anda sedang menggunakan masker. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas wajah Anda hingga bersih dengan air dingin.

2. Gunakan saffron untuk mencerahkan wajah

Safron atau Saffron

Diperkaya dengan vitamin A, B, dan C, saffron adalah obat rumahan terbaik yang bisa Anda pilih untuk mencerahkan kulit. Saffron dapat menjadi alternatif yang bagus jika Anda bosan menggunakan toner berbahan kimia.

Campurkan beberapa helai saffron dengan sedikit susu dan jus lemon. Baurkan ramuan ala India ini ke kulit wajah Anda kemudian pijat-pijat dengan lembut. Terakhir, cuci bersih wajah Anda dan rasakan perbedaannya.

3. Ciptakan kulit bercahaya dengan buah amla

Buah amla

Amla adalah buah favorit India kuno. Disebut juga dengan buah Malaka atau Indian Gooseberry, amla memiliki bentuk bulat berwarna hijau dan bercita rasa asam sedikit pahit. Meskipun ada banyak produk kecantikan yang mengandung ekstrak amla, namun sebaiknya amla digunakan dalam bentuk alaminya.

Anda bisa mengolah buah amla menjadi jus dan mencampurkannya dengan madu sesuai selera. Niscaya, kulit Anda akan terlihat jauh lebih cerah dan bercahaya secara alami.

4. Maskeran dengan multani mitti untuk kulit yang lebih penuh

Multani mitti

Multani mitti atau yang berarti lumpur dari Multan adalah zat seperti tanah liat yang kaya mineral dan termasuk bahan perawatan kulit yang serba bisa. Dapat dijumpai dalam bentuk sabun organik, toner, dan pelembab, multani mitti bermanfaat untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, menyerap minyak berlebih, hingga menyembuhkan jerawat.

Adapun cara terbaik untuk menggunakan multani mitti yaitu dengan mengaplikasikannya seperti masker wajah. Campurkan bubuk multani mitti dengan madu dan air mawar secukupnya. Lapisi wajah Anda dengan masker ini dan biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Itulah 4 tips kecantikan ala India yang bisa Anda coba di rumah. Selain melakukan perawatan secara topikal, pastikan Anda tidak lupa juga untuk merawat kulit dari dalam dengan rutin minum air putih sesuai anjuran kesehatan dan makan makanan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News