Keluarga

4 Tips Efektif Bikin Potongan Buah Apel Jadi Cerah Tanpa Teroksidasi

4 Tips Efektif Bikin Potongan Buah Apel Jadi Cerah Tanpa Teroksidasi

MOMSMONEY.ID - Apel adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah teroksidasi. Sama seperti alpukat, warna kecoklatan hasil proses oksidasi ini sebenarnya aman dikonsumsi. Hanya saja warnanya jadi tak menarik lagi.

Proses kecoklatan ini terjadi secara alami pada banyak buah dan sayur. Namun dari segi estetika, proses kecoklatan atau oksidasi ini bisa dihentikan dengan beberapa cara, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 3 Trik Teruji Cegah Buah Alpukat Berubah Warna Jadi Kecoklatan

Air garam

Untuk cegah oksidasi pada potongan buah apel, metode terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan merendamnya di dalam air garam.

Caranya, tuang ½ sdt garam dan campurkan air dalam mangkuk. Rendam potongan buah apel di dalamnya selama 10 menit.

Melansir dari Well and Good, tips ini tak hanya mampu cegah oksidasi tapi juga mengubah warna buah apel yang sudah kecoklatan menjadi cerah kembali seperti semula.

Baca Juga: Resep Inspirasi Masak Bakso Kepiting Saus Singapore Cuma 10 Menit

Air lemon/jeruk

Lemon dan jeruk mengandung vitamin C yang dapat mencegah oksidasi terjadi pada buah apel.

Anda bisa mencampur air perasan jeruk lemon/jeruk yang masih fresh dengan air dingin. Rendam potongan buah apel selama 3-5 menit di dalamnya, angkat lalu keringkan.

Apel

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Terbaik Menyimpan Tepung? Ini Jawabannya

Air madu

Untuk cegah terjadinya oksidasi pada buah apel yang dipotong/dikupas, Anda bisa merendamnya dalam campuran air madu.

Melansir dari Pure Wow, madu mengandung enzim peptide yang memperlambat terjadinya oksidasi sehingga buah apel tak langsung berwarna kecoklatan.

Caranya, tambahkan 2 sdm madu dan 1 gelas air, aduk merata. Celupkan potongan buah apel ke dalam air madu paling tidak selama 30 detik. Bersihkan lalu keringkan.

Dengan menggunakan tips ini, potongan buah apel akan tetap berwarna cerah selama 1 hari penuh. Tips ini juga berlaku untuk bahan lainnya seperti sayuran dan kentang.

Baca Juga: Kiat Cerdas Potong Setengah Anggaran Belanja Makanan Jadi Lebih Hemat

Air dingin/soda

Proses oksidasi dapat dihentikan jika buah apel tidak terekspos langsung dengan oksigen. Anda bisa menghentikan proses oksidasi ini dnegan merendamnya di dalam air dingin biasa ataupun air soda.

Merendam potongan buah apel dalam air dingin biasa ataupun air soda selama 3-5 menit dapat menghentikan warna kecoklatan yang terjadi secara alami.

Dengan merendamnya pada air dingin ataupun soda membuat rasa apel tetap sama dan mudah digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News