HOME, Bugar

4 Tips Agar Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

4 Tips Agar Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Pada bulan Ramadan, aktivitas harian tetap harus berjalan seperti biasa. Hanya saja, kendala yang kerap dialami umt muslim selama menjalankan ibadah puasa adalah dehidrasi. Hal ini disebabkan tubuh kekurangan cairan. 

Saat melaksanakan puasa, tidak ada makanan dan minuman yang diperbolehkan untuk dikonsumsi sampai waktu berbuka puasa ketika adzan maghrib berkumandang. 

Selama berpuasa, sebenarnya tubuh akan menyimpan karbohidrat dan lemak untuk memberikan energi jika semua kalori dari makanan telah habis. 

Namun, tubuh tidak dapat menyimpan dan menghemat air yang keluar dari tubuh melalui urin, pernapasan, hingga keringat. 

Baca Juga: 5 Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil yang Bisa Anda Coba

Karena itu, dilansir dari British Nutrition Foundation, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Untuk itu, simak tips berikut ini:

1. Minum air putih 

Tips agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa yang pertama adalah memastikan kebutuhan harian tetap tercukupi dengan minum air putih. 

Salah satu cara yang paling baik dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi cairan saat sahur dan berbuka puasa. 

Disarankan agar setiap orang mengonsumsi 2 liter air per harinya untuk orang dewasa agar tubuhnya tetap terhindar dari dehidrasi. 

2. Bangun tidur langsung minum

Tips agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa yang kedua adalah membiasakan bangun tidur langsung minum air putih.  

Sahur juga menjadi waktu yang tepat memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum berpuasa. Sebelum mengonsumsi apa-apa, usahakan untuk minum air putih saat bangun sahur.  

Inilah pentingnya bangun sahur dengan waktu yang tepat. Karena jika bangun dekat imsak, Anda tak bisa minum terlalu banyak karena bisa kembung dan makanan tidak mudah masuk.  

3. Mengonsumsi sup saat berbuka

Tips agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa yang ketiga adalah mengonsumsi sup saat berbuka. Selain lezat, sup juga dapat memberi banyak manfaat terkait kesehatan. 

Sup termasuk salah satu makanan yang direkomendasi untuk dikonsumsi sebagai cara memenuhi cairan tubuh saat seseorang puasa. 

Seseorang yang mengonsumsi sup saat berbuka puasa dan ditambah minum air putih dapat menjaga tubuhnya terhindar dari dehidrasi. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Usus Selama Berpuasa

4. Konsumsi buah dan sayur yang tinggi air

Tips agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa yang keempat adalah mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung tinggi air.  

Anda juga bisa mendapat tambahan cairan dari buah dan sayur yang kandungan airnya tinggi. Ini bisa jadi solusi bagi Anda yang tidak terlalu senang minum air putih terlalu banyak.  

Beberapa buah dan sayur yang kandungan airnya tinggi adalah semangka, melon, selada, timun, tomat, dan blewah.  

Itulah beberapa tips agar kebutuhan cairan terpenuhi selama berpuasa yang bisa Anda lakuka selama satu bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News