Bugar

4 Tanda Wajah Kekurangan Kolagen, Apa Saja?

4 Tanda Wajah Kekurangan Kolagen, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Pentingnya mengenal tanda wajah kekurangan kolagen. Hal ini supaya Anda bisa merawat kulit wajah segera mungkin.

Kolagen pada kulit bermanfaat untuk menghaluskan kulit, mengurangi kerutan, menghidrasi kulit, dan memudarkan bekas jerawat.

Seiring bertambahnya usia, kolagen bisa menurun pada tubuh. Kolagen bisa berasal dari makan sehat dan pemakaian produk skincare yang benar. 

Untuk lebih memahami, berikut empat tanda wajah kekurangan kolagen dikutip dari senka.id, yaitu: 

Kulit kusam

1. Terlihat kusam

Tanda pertama wajah kekurangan kolagen adalah terlihat kusam. Hal ini terjadi karena protein yang bertugas menjaga lapisan kulit agar tetap kenyal dan cerah kehilangan efektivitasnya. Sehingga, wajah jadi menggelap dan terlihat tidak segar. 

2. Timbul bintik hitam

Tanda wajah kekurangan kolagen selanjutnya adalah timbul bintik hitam atau kecokelatan di area wajah. Ini disebabkan oleh rusaknya protein kulit akibat paparan sinar matahari berlebih, hormon, atau gaya hidup yang kurang sehat yang memicu timbulnya flek atau bintik hitam di wajah. 

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Kolagen untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

3. Ada garis halus

Kemudian, wajah kekurangan kolagen ditandai dengan munculnya garis halus. Tekstur kulit akan kehilangan elastisitasnya dan memicu timbulnya garis halus di wajah.

Kemunculan ini terjadi oleh berkurangnya produksi kolagen yang membentuk jaringan ikat. Bila hal tersebut terjadi, tekstur kulit pun menipis dan mudah kering, sehingga tanda penuaan dini pun terlihat jelas. 

4. Gampang breakout

Tanda wajah kekurangan kolagen lainnya adalah gampang breakout. Jika pengurangan protein (kolagen) sudah terlalu banyak, permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, kering, dan iritasi bisa terjadi akibat berkurangnya produksi minyak alami pada wajah.

Itulah beberapa tanda wajah kekurangan kolagen. Jika tanda-tanda di atas muncul pada wajah Anda, sebaiknya segera untuk dirawat supaya wajah terlihat sehat dan cantik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News